Daily News 16/09
September 16, 2021 No. 2041
[BIRD] - Genjot Layanan Logistik, Begini Strategi Blue Bird (BIRD) Setelah PPKM Turun Level Emiten penyedia layanan taksi, PT Blue Bird Tbk (BIRD) memperluas jangkauan layanan logistiknya yang dapat dinikmati di 16 kota layanan Bluebird Group. Pada saat yang sama perusahaan juga memperbarui nama layanan logistiknya menjadi Bluebird Kirim setelah sebelumnya bernama BirdKirim. Saat ini masyarakat dapat menikmati layanan Bluebird Kirim pada area operasional Bluebird Group yang tersebar di wilayah aglomerasi Jabodetabek, Bali, Bandung, Cilegon, Batam, Lombok, Manado, Makassar, Medan, Padang, Palembang, Pangkal Pinang, Pekanbaru, Semarang, Yogyakarta, Surabaya. Pada 2020, Bluebird meresmikan layanan logistiknya sebagai keberlanjutan program Chat, Order, Delivery (COD) yang bertujuan sebagai solusi dari pemenuhan kebutuhan di tengah pembatasan mobilitas. Layanan Bluebird Kirim menawarkan kemudahan dan efisiensi dalam hal kecepatan layanan logistik dalam kota melalui fasilitas angkutan muat hingga 750 liter atau 200 Kilogram dalam satu kali perjalanan. Chief Strategic Officer Blue Bird, Paul Soegiarto, mengatakan perluasan area layanan Bluebird Kirim menjadi bentuk nyata komitmen perusahaan untuk selalu menjadi solusi dari kebutuhan mobilitas. Masyarakat kini semakin dipermudah untuk menikmati layanan Bluebird Kirim lewat aplikasi MyBluebird. Selain itu, pengguna layanan juga akan mendapatkan ketenangan lewat real time tracking melalui MyBlueBird. Lebih lanjut, untuk memberikan ketenangan dalam pengiriman barang, pengguna Bluebird Kirim juga dapat menikmati fitur fixed price untuk mendapatkan harga pasti di tengah ketidakpastian kondisi dalam perjalanan. (Source: Bisnis.com) [INOV] - Daur Ulang Sampah Plastik Naik, Inocycle (INOV) Gencarkan Ekspansi Plasticpay Anak usaha PT Inocycle Technology Group Tbk. (INOV), PT Plasticpay Teknologi Daurulang, akan menggencarkan ekspansi untuk memperluas area layanan. Plasticpay rencananya akan memasuki kota Solo pada kuartal IV/2021, serta akan berlanjut memasuki kota Surabaya. CEO Plastikpay dan Direktur INOV Suhendra Setiadi mengatakan, langkah ini merupakan bagian dari upaya Plasticpay dalam mengumpulkan lebih banyak sampah plastik langsung dari penggunanya, dengan memanfaatkan sistem digital. Tercatat, hingga September 2021, Plasticpay berhasil mengumpulkan sekitar 15,3 ton sampah botol plastik melalui Plasticpay dropbox yang terpasang di area Jabodetabek. Plasticpay sebagai platform digital pengelolaan sampah plastik, setidaknya memberikan lima solusi dalam mengatasi masalah sampah di Indonesia. Pertama, Plasticpay berkomitmen untuk meningkatkan tingkat daur ulang (recycle rate) serta mengembangkan program pemberdayaan UMKM. Kedua, mengurangi impor sampah plastik yang merupakan bahan baku untuk didaur ulang. Lalu ketiga, yaitu meningkatkan dampak sosial dan finansial bagi masyarakat. Keempat, Plasticpay secara aktif memberikan edukasi dan sosialisasi untuk mengubah perilaku masyarakat mengenai sampah. Terakhir, yaitu menciptakan ethical practice tanpa melibatkan tenaga kerja di bawah umur. (Source: Bisnis.com) [ASII] - AstraPay Bidik 'Rajai' Transaksi Digital Sektor Otomotif Berbekal ekosistem Grup Astra, platform dompet digital anyar PT Astra Digital Arta atau AstraPay bakal dengan mudah menguasai beragam transaksi digital berkaitan sektor otomotif. Direktur Utama PT Federal International Finance Group (FIFGROUP) yang kini turut dipercaya sebagai Presiden Komisioner AstraPay Margono Tanuwijaya mengungkap bahwa kehadiran lini bisnis baru di sektor pembayaran ini merupakan buah dari survei pasar yang telah dilakukan. Grup Astra melihat bahwa potensi penggunaan e-money dan e-wallet dalam setiap transaksi sangat besar sekali. Walaupun sudah ada beberapa pemain besar, daya tarik dan potensinya pun masih ada. Ke depan, bukan sekadar transaksi biasa, AstraPay juga akan menjadi wadah program reward & loyalty konsumen entitas grup berbentuk Astra Poin yang bisa ditukarkan dengan beragam voucher, bahkan dalam waktu dekat akan mengakomodasi produk bayar tunda atau paylater. Nantinya AstraPay juga tak berhenti melayani konsumen ekosistem internal grup Astra saja, namun membidik masyarakat luas dengan harapan total pengguna mampu mencapai 15 juta user dalam waktu dekat. Mulai dari bersaing dengan dompet digital lain untuk transaksi e-commerce atau layanan digital populer lain. Sementara ini, untuk transaksi di luar ekosistem Astra, pihaknya sudah menggandeng jaringan transportasi publik MRT Jakarta dan Transjakarta, serta pembayaran tagihan rutin seperti listrik, pulsa, dan BPJS, sampai bayar pajak. (Source: Bisnis.com)