Daily News 24/01

January 24, 2024 No. 2493

WTON

Wijaya Karya Beton Tbk.

Emiten konstruksi PT Wijaya Karya Beton Tbk. (WTON) atau WIKA Beton menargetkan raihan omzet kontrak baru sebesar Rp7,48 triliun sepanjang 2024.

Sekretaris Perusahaan WIKA Beton, Dedi Indra, mengatakan bahwa untuk meraih target itu, perseroan akan membidik sejumlah proyek, antara lain, pembangunan jalan tol Ibu Kota Negara (IKN), infrastruktur pabrik swasta, bendungan, gedung perkantoran, hingga LRT dan MRT.

“WIKA Beton menargetkan kenaikan 13% omzet kontrak baru dari realisasi perolehan kontrak hingga akhir Desember 2023 yang mencapai Rp6,60 triliun,” ujar Dedi melalui keterangan tertulis yang diterima Bisnis pada Selasa (23/1/2024).

https://market.bisnis.com/read/20240123/192/1734880/wika-beton-wton-bidik-kontrak-baru-rp748-triliun-pada-2024

LPKR

Lippo Karawaci Tbk

PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) menerapkan strategi efisiensi dan penghematan energi di semua aset properti. Hal itu dilakukan melalui inisiatif pemeliharaan aset dan praktik berkelanjutan.

Group CEO Lippo Karawaci (LPKR) John Riady menyampaikan, LPKR telah menerapkan berbagai inisiatif energi untuk mengurangi jumlah emisi gas rumah kaca (GRK) sekaligus menghasilkan penghematan pengeluaran biaya. LPKR juga terus menguji inisiatif dan solusi baru melalui program percontohan. Apabila terbukti berhasil, LPKR akan menerapkannya di seluruh portofolio aset.

Menurut John, LPKR juga mendorong unit bisnis dalam mengoptimalkan kinerja energi pada operasi mereka melalui peningkatan aset dan penggantian sistem bangunan lama, seperti penerangan, pendingin, dan pemanas air. “Hasilnya, LPKR sukses mengurangi konsumsi listrik untuk penerangan sebanyak 60% dan lebih dari 30% untuk inisiatif pengoptimalan sistem pendingin karena peningkatan kinerja energi,” tegas John.

https://investor.id/market/351865/begini-strategi-efisiensi-dan-hemat-energi-lippo-karawaci-lpkr

BYAN

Bayan Resources Tbk

Entitas PT Bayan Resources Tbk (BYAN), yakni PT Dermaga Perkasapratama (DPP) berencana memperluas Jetty di Balikpapan Coal Terminal (BCT), tepatnya pada wilayah perairan Pelabuhan Balikpapan, Kalimantan Timur.

Dalam keterbukaan informasi yang ditandatangani Direktur Utama Bayan Resources Low Tuck Kwong, DPP menunjuk PT Nirmala Matranusa (NMN) sebagai Jasa Pelaksana Konstruksi Perluasan Jetty di BCT dengan nilai transaksi Rp 187,35 miliar.

“Guna memperlancar jalur distribusi logistik batu bara yang dimiliki perusahaan dari hulu ke hilir,” tulis Low Tuck Kwong, Selasa (23/1/2024).

Selain memperlancar jalur distribusi, manajemen menambahkan bahwa perluasan terminal Jetty juga bertujuan meningkatkan kapasitas pengiriman batu bara. Hal ini sejalan dengan rencana peningkatan produksi perusahaan.

https://www.investortrust.id/news/entitas-bayan-resources-byan-perluas-jetty-di-balikpapan-rp-187-35-miliar

BMRI

Bank Mandiri (Persero) Tbk

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) mendapatkan mandat penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) Rp37,5 triliun untuk tahun ini, sedangkan realisasi penyaluran KUR di 2023 tercatat sebesar Rp34,24 triliun.

Hal tersebut disampaikan oleh SEVP Micro & Consumer Finance BMRI, Saptari dalam siaran pers yang dilansir di Jakarta, Selasa (23/1). Dia mengatakan, penyaluran KUR di 2024 akan difokuskan pada sektor produksi, seperti pertanian, perkebunan, jasa produksi hingga industri pengolahan.


"Kami optimistis dapat memenuhi target yang ditetapkan oleh pemerintah, selaras dengan komitmen Bank Mandiri untuk mendorong ekonomi kerakyatan di Indonesia lewat pengembangan ekosistem UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah) yang berdaya saing tinggi," papar Saptari.

https://www.emitennews.com/news/bank-mandiri-bmri-dapat-mandat-penyaluran-kur-di-2024-sebesar-rp375-triliun