Daily News 13/02

February 13, 2024 No. 2505

ASSA

Adi Sarana Armada Tbk.

ASSA

Emiten transportasi dan logistik, PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) menargetkan pertumbuhan bisnis positif di tahun ini, baik secara top line maupun bottom line. Sejumlah strategi pun disiapkan ASSA untuk mencapai target bisnis tersebut di akhir tahun nanti.

Presiden Direktur Adi Sarana Armada Prodjo Sunarjanto mengatakan, untuk menangkap peluang pertumbuhan permintaan dari kebutuhan logistik, ASSA secara aktif terus mengembangkan bisnis logistiknya agar menjadi end-to-end logistics solution, terutama pada segmen pasar B2B.

“Maka dari itu, perusahaan melihat pasar yang besar di segmen B2B. Di dukung dengan pengalaman perusahaan lebih dari 15 tahun di bidang logistik, ASSA akan terus mengembangkan segmen ini ke depannya sebagai upaya pertumbuhan performa bisnis logistik perusahaan selanjutnya.”

https://industri.kontan.co.id/news/upayakan-kinerja-bisnis-tumbuh-positif-ini-strategi-adi-sarana-armada-assa

SIDO

Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk.

SIDO

PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) atau Sido Muncul optimistis cetak kenaikan pendapatan dan laba bersih di tahun ini. Di mana, Sido Muncul menargetkan, kinerja naik 15% di tahun 2024. 

Direktur Utama Sido Muncul David Hidayat mengungkapkan, optimisme ini sejalan dengan prospek produk kesehatan terutama jamu dan suplemen yang masih menjanjikan ke depan. 

Menurutnya, kesehatan merupakan kebutuhan utama masyarakat, berapa pun biayanya akan diupayakan untuk mendapatkan nya. Kesadaran masyarakat untuk hidup sehat mendorong pengembangan bisnis farmasi untuk terus berinovasi dan memberikan solusi kesehatan bagi masyarakat. 

"Bergesernya mindset masyarakat untuk kembali ke alam mendorong perush farmasi mengembangkan produk kesehatan yang berasal dari alam / herbal. Kami sebagai perush jamu yang telah memulai inovasi menjadikan jamu mudah dikonsumsi dan disukai rasanya menjadi alternatif pengganti obat-obatan kimia, khususnya untuk menjaga kesehatan/melakukan pencegahan," ujar David.

https://industri.kontan.co.id/news/sido-muncul-sido-incar-kinerja-naik-15-di-tahun-2024

INCO

Vale Indonesia Tbk.

INCO

PT Vale Indonesia Tbk (INCO) menyampaikan bahwa di sepanjang tahun 2023, Perseroan telah mengeluarkan belanja modal sekitar USD286,3 juta pada tahun 2023, atau meningkat 31% dari belanja modal yang dikeluarkan pada tahun 2022 utamanya untuk modal pertumbuhan.

CEO dan Presiden Direktur INCO, Febriany Eddy menuturkan, PT Vale telah mencapai kemajuan yang berarti di proyek pertumbuhannya baik di Bahodopi dan Sambalagi (yang dikenal sebagai proyek Morowali), Pomalaa, dan juga Sorowako.


"Untuk proyek Morowali, baru-baru ini kami telah mendapatkan AMDAL baru untuk area tambang di Bahodopi dan juga kawasan industri Sambalagi. Laju pembebasan lahan untuk area pertambangan telah meningkat pesat sehingga memungkinkan kami mencapai kemajuan yang berarti dalam pembangunan pertambangan, dan kami kini tengah melanjutkan pembangunan pelabuhan untuk pengangkutan bijih. Demikian pula, pekerjaan awal pembangunan pabrik di Sambalagi telah berjalan dengan baik, dan kami sedang melanjutkan proses kontrak EPC untuk pembangunan pabrik dan infrastruktur pendukungnya," katanya.

https://www.emitennews.com/news/capex-vale-indonesia-inco-naik-31-jadi-usd286-juta-di-tahun-2023

EXCL

XL Axiata Tbk."

<html> <head></head> <body> <p>EXCL</p> <p>PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) atau (EXCL) sepanjang tahun 2023 berhasil meraih  laba bersih sebesar Rp 1,28 triliun atau naik 15% dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai Rp1,121 triliun. </p> <p>Kenaikan laba 2023 tersebut didorong pendapatan naik hingga 11% dibandingkan pendapatan di periode yang sama tahun lalu (YoY) menjadi Rp 32,34 triliun. EBITDA naik sebesar 12% YoY menjadi Rp 15,89 triliun, kemudian EBITDA margin juga meningkat menjadi 49,1%. </p> <p>Keberhasilan tersebut ditopang oleh trafik data yang naik 21% YoY menjadi 9.638 Petabytes, yang mendorong kontribusi layanan Data dan Digital menjadi sebesar 91% dari total pendapatan, bersama dengan basis pelanggan yang berkualitas sebanyak 57,5 juta. </p> <p>https://www.emitennews.com/news/xl-axiata-excl-bukukan-laba-naik-15-persen-jadi-rp128-t-di-2023</p> </body> </html>