Daily News 19/02

February 19, 2024 No. 2508

SMGR

Semen Indonesia (Persero) Tbk.

PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) semakin gencar menggunakan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) di seluruh area operasi sebagai bagian dari strategi keberlanjutan Perusahaan dalam menurunkan emisi Gas Rumah Kaca (GRK). 

Salah satu anak usaha SIG, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) turut mendukung inisiatif tersebut melalui penggunaan energi tenaga surya sebagai sumber energi alternatif yang ramah lingkungan di Pabrik Tuban, Jawa Timur.


Letak geografis Indonesia yang berada di sepanjang garis khatulistiwa dengan iradiasi energi matahari rata-rata sekitar 4,80 kWh/m2/hari, merupakan potensi yang sangat besar untuk pemanfaatan energi alternatif tenaga matahari. Pabrik Tuban sendiri berada pada posisi geografis dengan iradiasi energi matahari di atas rata-rata nasional sekitar 5,4 kWh/m2/hari.

https://www.emitennews.com/news/smgr-kian-aktif-mengadopsi-ebt-di-semua-area-operasinya

MTDL

Metrodata Electronics Tbk

PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL) membidik pendapatan sebesar Rp 25 triliun pada 2024. Target tersebut ditopang oleh tingginya kebutuhan digitalisasi di Indonesia usai pandemi.

Presiden Direktur Metrodata Electronics (MTDL) Susanto Djaja mengatakan, perseroan optimistis target itu akan dicapai seiring transformasi digital menuju era industri 4.0 yang banyak dilakukan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Hal ini tercermin dari pergerakan bisnis unit Distribusi untuk segmen consumer yang mulai pulih.

“Seiring dengan berakhirnya masa pemilu, kami melihat prospek pertumbuhan ekonomi dan bisnis yang lebih baik dan semakin banyak perusahaan membutuhkan jasa Metrodata Group dalam melakukan transformasi digital menuju Industri 4.0,” jelasnya dalam keterangan pers, Minggu (18/2/2024).

https://investor.id/market/354080/metrodata-electronics-mtdl-bidik-pendapatan-sebesar-rp-25-triliun

CUAN

Petrindo Jaya Kreasi Tbk.

Emiten tambang batu bara milik konglomerat Prajogo Pangestu, PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN) dan anak usaha memperoleh fasilitas pinjaman sebesar Rp 1,35 triliun, dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau Bank BNI.

Direktur Utama PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN), Michael menjelaskan fasilitas pinjaman akan jatuh pada tanggal 26 September 2028.

“Seluruh Pinjaman yang diperoleh Perseroan ini akan dipergunakan untuk membiayai kegiatan Perseroan secara umum,” kata Michael dikutip dari keterbukaan informasi yang dilansir Sabtu, (17/02/2024).
 
Lebih lanjut, pinjaman dari BNI tersebut menyebabkan bertambahnya kewajiban keuangan Perseroan, dan sekaligus juga akan membantu Perseroan dalam membiayai kegiatan usahanya.

https://investortrust.id/news/petrindo-cuan-milik-prajogo-pangestu-raih-pinjaman-rp-1-35-triliun-dari-bni

ADMF

Adira Dinamika Multi Finance Tbk.

PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance) berhasil mencatatkan peningkatan laba bersih sebesar 21 persen year on year (yoy) dari Rp1,6 triliun menjadi Rp1,94 triliun pada tahun 2023.

Adapun pertumbuhan laba Adira Finance ini terutama didorong meningkatnya total pendapatan sebesar 14 persen yoy menjadi Rp9,5 triliun yang relatif sejalan dengan tumbuhnya pembiayaan baru perusahaan.


Berdasarkan laporan keuangan ADMF, perusahaan mencatatkan total pendapatan sebesar Rp 9,5 triliun, naik 14% secara tahunan (yoy) pada periode yang berakhir Desember 2023.

https://www.emitennews.com/news/laba-adira-admf-tumbuh-double-digit-di-2023