Daily News 06/03

March 06, 2024 No. 2518

WSKT

Waskita Karya (Persero) Tbk.

PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) dan PT Bukit Asam (Persero) Tbk (PTBA) meresmikan proyek revitalisasi gedung kantor besar lama dan kantor direksi di Kantor Pusat PTBA Tanjung Enim, Sumatera Selatan. 

Waskita meraih kontrak pekerjaan revitalisasi gedung tersebut mencapai nilai Rp106 miliar dan mulai direnovasi sejak September 2022 dengan pekerjaan konstruksi meliputi pekerjaan struktur, pekerjaan arsitektur, pekerjaan interior dan pekerjaan elektrikal mekanikal. 

SVP Corporate Secretary Waskita, Ermy Puspa Yunita mengatakan, dengan telah diresmikannya Gedung Kantor Lama dan Kantor Direksi PTBA ini diharapkan dapat menambah semangat baru untuk insan PTBA dalam melakukan kegiatan perkantoran sehari-hari.

”Semoga gedung ini dapat meningkatkan kinerja dan menambah semangat baru bagi insan PTBA dalam melakukan kegiatan perkantoran,” ucap Ermy dalam keterangan resminya, Selasa (5/3/2024).

https://www.emitennews.com/news/waskita-wskt-rampungkan-revitalisasi-gedung-ptba-rp10m

PPRE

PP Presisi Tbk.

PT Pembangunan Perumahan Presisi Tbk (PPRE) atau PP Presisi membukukan penurunan laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebanyak 20,38% dari Rp 100,75 miliar menjadi Rp 80,21 miliar.
 
Manajemen PP Presisi dalam rilis laporan kinerja keuangan di Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (5/3/2024) disebutkan penurunan laba tersebut menjadikan laba per saham dasar perseroan turun dari Rp 9,85 menjadi Rp 7,85 per saham. 

Penurunan laba bersih dipicu kenaikan beban usaha, kerugian penurunan nilai, beban keuangan, dan penurunan laba ventura bersama. Hal ini menjadikan laba sebelum pajak penghasilan perseroan turun dari Rp 192,94 miliar menjadi Rp 181,78 miliar. 

https://investortrust.id/news/tak-seperti-induknya-pp-presisi-ppre-justru-catat-penurunan-laba-atribusi-20-38

AGAR

Asia Sejahtera Mina Tbk.

PT Asia Sejahtera Mina (AGAR) tengah fokus mendukung program hilirisasi, khususnya hilirisasi rumput laut. Hilirisasi merupakan penghiliran atau pengolahan bahan baku menjadi barang siap pakai dengan tujuan meningkatkan nilai tambah produk. Untuk mendukung program hilirisasi itu, AGAR mengakuisisi perusahaan rumput laut pada 2022, PT Giwang Citra Laut (GCL), Takalar, Sulawesi Selatan.

Dalam siaran pers, Selasa (5/3/2024), Direktur Utama Perseroan, Indra Widyadharma menjelaskan dalam mendukung program hilirisasi pemerintah, perseroan telah mengakuisisi perusahaan rumput laut pada tahun 2022. 

Perseroan mengakuisisi PT Giwang Citra Laut (GCL) yang berada di Takalar, Sulawesi Selatan. Nantinya GCL akan mengolah dan memproduksi Semi Refine Carragenan.

Semi Refine Carragenan merupakan produk olahan, atau ekstraksi rumput laut yang berbentuk tepung, yang sangat berguna pada industri pangan, antara lain sebagai pengental, pembentuk gel hingga sebagai stabilisator makanan dan minuman. 

https://www.emitennews.com/news/dukung-hilirisasi-asia-sejahtera-mina-agar-akuisisi-gcl-takalar

ANTM

Aneka Tambang Tbk.

PT Aneka Tambang Tbk atau ANTAM (ANTM), anggota PT Mineral Industri Indonesia (Persero) (MIND ID) yang merupakan Badan Usaha Milik Negara yang mengelola industri pertambangan, mengumumkan bahwa Perusahaan berkomitmen untuk mengoptimalkan kinerja produksi dan penjualan komoditas utama Perusahaan pada tahun 2024. 

ANTAM secara konsisten menerapkan kebijakan strategis dalam manajemen biaya yang tepat dan efisien untuk memaksimalkan kinerja komoditas nikel, emas, dan bauksit, tulis manajemen Antam dalam keterangan resmi Selasa (5/3).

Pada tahun 2024, ANTAM menargetkan total volume produksi dan penjualan feronikel sebesar 22.464 ton nikel dalam feronikel (TNi), meningkat 5% dibandingkan produksi feronikel yang belum diaudit pada 2023 sebesar 21.473 TNi dan pertumbuhan 12% dibandingkan penjualan feronikel yang belum diaudit pada 2023 sebesar 20.138 TNi. 

https://www.emitennews.com/news/antam-antm-optimalisasi-produksi-dan-penjualan-komoditas-di-2024