Daily News 02/04

April 02, 2024 No. 2534

JSMR

Jasa Marga (Persero) Tbk

PT Jasa Marga Tbk (JSMR) akan memberlakukan diskon tarif tol sebesar 20% untuk Jalan Tol Trans Jawa dari Jakarta menuju Semarang dan sebaliknya selama periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024.

Diskon tarif tol ini akan berlaku untuk jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga Group, termasuk integrasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek & Jalan Layang MBZ, Jalan Tol Palimanan-Kanci, Jalan Tol Batang-Semarang, dan Jalan Tol Semarang Seksi ABC.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana, menjelaskan bahwa pemberlakuan diskon tarif tol untuk semua jenis kendaraan bertujuan untuk mengoptimalkan distribusi lalu lintas dan menghindari kemacetan pada tanggal-tanggal tertentu yang diprediksi akan menjadi puncak arus mudik dan balik.

Lisye juga menyatakan bahwa pemberlakuan diskon tarif ini merupakan bagian dari pelayanan maksimal dari Jasa Marga sesuai dengan prinsip Environment, Social, and Governance (ESG), dengan harapan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

GIAA

Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) terus menunjukkan kinerja yang positif dengan pertumbuhan pendapatan usaha yang mencapai puncaknya pada tahun 2023, meningkat sekitar 40% atau mencapai USD2,94 miliar dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yakni sebesar USD2,1 miliar. 

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, menjelaskan bahwa langkah-langkah strategis yang telah diimplementasikan dalam upaya percepatan pemulihan pasca-restrukturisasi, bersama dengan pertumbuhan yang terus meningkat dalam jumlah penumpang, diharapkan akan semakin memperkuat fondasi bisnis Grup Garuda Indonesia. 

Tujuannya adalah untuk lebih mengoptimalkan pendapatan usaha serta mencapai pertumbuhan laba perusahaan yang berkelanjutan.

"Selama tahun 2023, Garuda Indonesia Group berhasil mencatat pertumbuhan operasional melalui peningkatan jumlah penumpang hingga 34%, mencapai total 19.970.024 penumpang dibandingkan dengan periode sebelumnya sebanyak 14.848.195 penumpang. Dalam pencapaian ini, Garuda Indonesia berhasil mengangkut sebanyak 8.291.094 penumpang, sedangkan Citilink mengangkut sebanyak 11.678.930 penumpang," jelas Irfan dalam siaran pers yang dilaporkan pada Senin (1/4/2024).

Pendapatan usaha perusahaan didorong oleh pendapatan dari penerbangan berjadwal yang meningkat 41% year-on-year (y-o-y) menjadi US$2,37 miliar, dari US$1,68 miliar sebelumnya. Hal ini sejalan dengan meningkatnya mobilitas masyarakat yang menggunakan transportasi udara di era pasca-pandemi, yang mendekati situasi sebelum pandemi.

https://www.emitennews.com/news/laba-tembus-usd2519-juta-di-2023-bos-garuda-giaa-ungkap-pemicunya

VAST

Vastland Indonesia Tbk.

Emiten pengembang properti pergudangan PT Vastland Indonesia Tbk (VAST) berhasil membukukan kinerja cemerlang untuk tahun buku 2023 yang berakhir pada 31 Desember 2023.

Pada periode tersebut, VAST berhasil mencatat laba sebesar Rp 98,8 miliar, naik 495,60 persen dibanding laba tahun sebelumnya yang tercatat sebesar Rp 16,6 miliar.

Laba yang dicatatkan tersebut adalah enam kali lipat dibandingkan laba tahun sebelumnya. 

Pencapaian tersebut terungkap melalui laporan keuangan tahun 2023 mereka yang diterbitkan pada tanggal 28 Maret 2024.

https://www.emitennews.com/news/vastland-vast-catatkan-laba-hampir-6-kali-lipat-pada-2023

HOKI

Buyung Poetra Sembada Tbk."

<html> <head></head> <body> <p>Produsen beras  PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) berhasil membukukan kenaikan penjualan hingga 39% menjadi Rp1,28 triliun di tahun 2023.</p> <p>“Yang sangat kita syukuri adalah perkembangan proses transformasi bisnis ke sektor FMCG yang terus menunjukkan perkembangan yang menjanjikan. Penjualan produk DailyMeal terus mengalami pertumbuhan, sehingga sangat prospektif untuk menjadi motor penggerak utama pertumbuhan pendapatan HOKI di masa depan. Kami optimis, tahun ini produk DailyMeal akan kembali meraih kinerja positif,” ujar Direktur HOKI, Budiman Susilo dalam keterangannya, Senin (1/4/2024).</p> <p>Transformasi bisnis Perseroan ke sektor FMCG terus berkembang positif. Hal itu dapat dilihat dari penjualan produk FMCG dengan merek DailyMeal yang meningkat signifikan di FY23. </p> <p>Penjualan DailyMeal berada di bawah anak usaha Perseroan, yaitu PT Hoki Distribusi Niaga (HDN) yang pada tahun 2023 mencatatkan penjualan mencapai Rp44,29 Miliar, meningkat 44% dari penjualan tahun 2022 yang senilai Rp30,85 miliar.</p> <p>https://www.emitennews.com/news/buyung-poetra-hoki-catat-penjualan-rp128t-di-2023</p> </body> </html>