Daily News 04/04

April 04, 2024 No. 2536

PBID

Panca Budi Idaman Tbk.

Emiten kantong plastik daur ulang, PT Panca Budi Idaman Tbk. (PBID) benerncana akan melakukan pemecahan nilai nominal saham (stock split) rasio 1:4 atau menjadi nilai nominal Rp25 per saham dari sebelumnya Rp100 per saham lembar.

Lukman Hakim Direktur & Corporate Secretary PBID dalam keterangan resminya Rabu (3/4) menuturkan bahwa pemecahan nilai nominal saham akan meningkatkan jumlah saham Perseroan menjadi 16.500.000.000 lembar saham dari sebelumnya 4.125.000.000 lembar saham.

"Stock Split akan menyebabkan harga saham Perseroan menjadi terjangkau bagi investor perorangan (ritel). Dengan demikian diharapkan akan meningkatkan jumlah investor yang dapat melakukan transaksi atas saham Perseroan,"tuturnya.

Sementara itu perkiraan jadwal stock split untuk tanggal akhir Penyelesaian Transaksi Saham dengan Nilai Nominal Lama di Pasar Reguler dan Pasar Negosiasi pada 30 Mei 2024 dan mulai perdagangan dengan nominal baru di Pasar Reguler dan Pasar Negosiasi pada 31 Mei 2024 dan awal Perdagangan Saham di Pasar Tunai pada 4 Juni 2024.

https://www.emitennews.com/news/panca-budi-pbid-minta-restu-stock-split-14

IPCM

Jasa Armada Indonesia Tbk.

Perusahaan BUMN Pelabuhan Indonesia (Pelindo) PT Jasa Armada Indonesia Tbk. (IPCM) berhasil meraih laba bersih sebesar Rp157,6 miliar sepanjang tahun 2023. Jumlah tersebut mengalami peningkatan sebesar 4,6% dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp150,6 miliar.

Peningkatan ini disebabkan oleh pertumbuhan pendapatan pada tahun 2023 yang mencapai 16,1%, meningkat dari Rp980 miliar menjadi Rp1,1 triliun. 

Berdasarkan laporan keuangan IPCM, pendapatan utama berasal dari segmen jasa pelabuhan umum sebesar Rp525 miliar atau 46,1% dari total pendapatan, meningkat 4,2% secara tahunan.

Selain itu, kontribusi pendapatan juga datang dari jasa Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) sebesar Rp191 miliar (16,8%), Terminal Khusus (Tersus) sebesar Rp343 miliar (30,1%), serta jasa pengelolaan kapal dan jasa lainnya sebesar Rp31,5 miliar dan Rp46 miliar.

https://www.emitennews.com/news/jasa-armada-ipcm-catat-laba-naik-minimalis-jadi-rp1576m-di-2023

NCKL

Trimegah Bangun Persada Tbk.

PT Trimegah Bangun Persada Tbk (NCKL) atau Harita Nickel, mencatatkan pertumbuhan kuat dan konsisten. Pencapaian emiten pertambangan dan pemrosesan nikel berkelanjutan itu, didorong oleh peningkatan produksi dan efisiensi operasional. Tahun 2023, NCKL mencatat pendapatan Rp23,86 triliun atau meningkat sebesar 149% dari tahun sebelumnya.

Dalam keterangannya yang dikutip Rabu (3/4/2024), Direktur Utama PT Trimegah Bangun Persada Tbk, Roy Arman Arfandy mengatakan, di tengah kondisi pasar yang penuh tantangan sepanjang tahun 2023, Harita Nickel berhasil mempertahankan pertumbuhan. 


Pencapaian tahun 2023 itu, menurut Roy Arman Arfandy mencerminkan upaya bersama tim Harita Nickel, dengan dukungan seluruh pemangku kepentingan, dalam menghadapi volatilitas pasar dengan strategi tangguh dan adaptif. Termasuk dengan mendorong inovasi dan meningkatkan efisiensi operasional, terutama dengan proses pertambangan dan produksi yang berada di satu lokasi terintegrasi di Pulau Obi, Halmahera Selatan. 

https://www.emitennews.com/news/tahun-2023-harita-nickel-nckl-tetap-bertumbuh-dan-berkinerja-kuat

JSMR

Jasa Marga (Persero) Tbk"

<html> <head></head> <body> <p>Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur menanggapi soal kisruh diskon tarif tol untuk digratiskan pada medio mudik lebaran 2024.</p> <p>Subakti yang kini juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Tol Indonesia (ATI) menyebut bila hal tersebut sulit untuk diwujudkan, pasalnya ini bertolak belakang dengan bisnis Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).</p> <p>“Maaf mengenai kenapa di Malaysia gratis ini mungkin bisa jadi diskusi, kan kita ini sudah diskusi di ATI, kebetulan saya ketuanya, susah sekali ngasih diskon ini,” ujarnya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi VI DPR, Rabu (3/4).</p> <p>https://investasi.kontan.co.id/news/dirut-jasa-marga-jsmr-angkat-bicara-soal-tambahan-diskon-tarif-jalan-tol</p> </body> </html>