Daily News 03/05

May 03, 2024 No. 2550

CLEO

Sariguna Primatirta Tbk.

PT Sariguna Primatirta Tbk. (CLEO) mencatatkan laba bersih signifikan. Pada kuartal I 2024, emiten produsen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) ini, membukukan laba bersih konsolidasian sebesar Rp115,3 miliar. Itu berarti meningkat 92,5% dibandingkan laba konsolidasian periode yang sama 2023 yang hanya Rp59,9 miliar. Tahun 2024 ini CLEO kembali membuat rencana ekspansi agresif dengan dana investasi Rp450 miliar.

Dalam keterangannya yang dikutip Kamis (2/5/2024). CEO CLEO, Melisa Patricia mengungkapkan, peningkatan perolehan laba tersebut dapat diraih antara lain berkat perolehan penjualan konsolidasian CLEO pada Q1-2024 mencapai Rp626,5 miliar. 

Perolehan penjualan ini meningkat 38% dari kuartal yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp 455,4 miliar. Pertumbuhan penjualan yang signifikan tersebut didukung oleh lebih dari 31 pabrik air minum milik Perseroan, yang menjadikan CLEO sebagai produsen AMDK dengan pabrik terbanyak di Indonesia.

"Pencapaian ini sudah sesuai arah kinerja yang kami harapkan. Perusahaan selalu menargetkan pertumbuhan double digit setiap tahun baik untuk penjualan maupun laba bersih. Tahun 2024 ini CLEO kembali membuat rencana ekspansi agresif dalam mengembangkan pabrik dan titik distribusi," kata Melisa Patricia.

sumber

ISAT

Indosat Tbk

Indosat Ooredoo Hutchison (ISAT) mengumumkan hasil kinerja keuangan kuartal pertama (Q1) tahun 2024. Dengan pertumbuhan positif di semua lini bisnis dan komitmen berkelanjutan untuk mengoptimalkan biaya, Indosat membukukan pencapaian solid dalam kinerja finansial dan operasional.

Selama tiga bulan pertama tahun ini, Indosat mencatat total pendapatan sebesar Rp13,835 triliun, meningkat 15,8% dibandingkan tahun sebelumnya (YoY). 

Sementara itu, EBITDA tumbuh lebih cepat dari pendapatan, mencapai peningkatan 22,1% YoY menjadi Rp6,509 triliun. Kinerja keuangan yang cemerlang ini, mendorong peningkatan EBITDA Margin Indosat menjadi 47,0% dan menghasilkan Laba Periode Berjalan yang Dapat Diatribusikan kepada Pemilik Entitas Induk, sebesar Rp1,295 triliun, naik 39,4% dari tahun sebelumnya (Year-on-Year/YoY).

Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menyatakan, "Pencapaian kuartal pertama 2024 ini mencerminkan komitmen Indosat untuk menciptakan nilai berkelanjutan bagi seluruh pemangku kepentingan, serta memperkuat ekonomi digital Indonesia. Kami terus meningkatkan jaringan kami untuk memastikan konektivitas yang lancar dan memberikan pengalaman yang mengesankan bagi pelanggan di seluruh Indonesia. Sementara itu, kami juga meningkatkan keunggulan operasional dan efisiensi kami secara signifikan, yang memungkinkan kami meraih pertumbuhan pendapatan dan terus meningkatkan profitabilitas."

https://www.emitennews.com/news/indosat-isat-perkuat-kolaborasi-berdayakan-indonesia-dengan-ai

ASSA

Adi Sarana Armada Tbk.

PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA), emiten yang bergerak di bidang mobilitas, logistik dan penunjangnya membukukan laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp71 miliar pada kuartal 1 2024, atau tumbuh 37% YoY.

Pertumbuhan laba bersih yang signifikan tersebut dapat diraih berkat keberhasilan ASSA dalam mengintegrasikan tiga pilar bisnis utama miliknya yaitu: 1) Transportasi (Sewa Kendaraan, Autopool dan Pengemudi); 2) Logistik End-to-end (ASSA Logistics dan Pengiriman Ekspres . Anteraja); dan 3) Ekosistem Kendaraan Bekas (Lelang - JBA dan Dealer Mobil Bekas Online-to-Offline . Caroline) di bawah anak perusahaan PT Autopedia Sukses Lestari Tbk.

Pada kuartal pertama 2024 ini, pendapatan ASSA tumbuh sebesar 3,1% YoY menjadi Rp1,2 triliun dari pendapatan periode yang sama tahun 2023 yang sebesar Rp1,1 triliun.

https://www.emitennews.com/news/melonjak-37-persen-laba-adi-sarana-assa-tembus-rp71m-di-kuartal-i

JSMR

Jasa Marga (Persero) Tbk

PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) berhasil membuka Kuartal I Tahun 2024 dengan kinerja positif. Corporate Secretary & Chief Administration Officer Jasa Marga Nixon Sitorus mengatakan, kinerja positif Perseroan di antaranya tercermin dari pencapaian Pendapatan Usaha sebesar Rp4,21 triliun atau tumbuh 24,35% dari Kuartal I Tahun 2023. 

Nilai Pendapatan Usaha Perseroan merupakan kontribusi dari kinerja Pendapatan Tol sebesar Rp3,92 triliun dan kinerja Pendapatan Usaha Lain sebesar Rp293,88 miliar.

"Perseroan juga berhasil membukukan Laba Bersih pada Kuartal I Tahun 2024 sebesar Rp585,92 miliar, tumbuh 14,43% jika dibandingkan dengan Kuartal I tahun 2023. Realisasi EBITDA Perseroan juga terjaga, yaitu mencapai Rp2,75 triliun, dengan realisasi EBITDA Margin yang lebih baik dibandingkan dengan Kuartal I Tahun 2023 yaitu mencapai level 65,30% di tengah pengoperasian ruas-ruas jalan tol baru." ujar Nixon dalam siaran pers (2/5). 

https://www.emitennews.com/news/laba-jasa-marga-jsmr-naik-144-persen-di-kuartal-i-2024