Daily News 25/10
October 25, 2021 No. 2068
[TLKM] - Telkom Bikin Entitas Khusus Bisnis Data Center Manajemen PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. atau Telkom berencana mengonsolidasikan unit bisnis data center. VP Investor Relations Telkom Andi Setiawan melalui keterangan resmi pada Jumat (22/10/2021) memaparkan, saat ini rencana konsolidasi bisnis data center masih berada dalam proses pendalaman atau untuk selanjutnya dikelola oleh satu entitas dalam Group. Dalam rangka transformasi emiten berkode saham TLKM ini menuju digital telco company, data center merupakan bagian penting dari ekosistem digital Telkom sebagai digital platform atas berbagai digital services Telkom. Strategi konsolidasi dan value unlocking data center diharapkan dapat menciptakan nilai yang lebih tinggi bagi seluruh stakeholders Perusahaan. Andi menjelaskan, bisnis data center memiliki potensi valuasi yang lebih tinggi dibandingkan bisnis telekomunikasi, sehingga akan memberikan nilai yang lebih tinggi bagi Telkom secara keseluruhan apabila dilakukan value unlocking. Guna membuka valuasi bisnis tersebut secara keseluruhan, manajemen TLKM memandang bisnis tersebut perlu dikonsolidasikan terlebih dahulu. (Source: Bisnis.com) [ISSP] - Spindo (ISSP) Targetkan Ekspor Naik Jadi 15 Persen di 2022 Emiten produsen baja PT Steel Pipe Industry of Indonesia Tbk. (ISSP) atau Spindo menyampaikan akan meningkatkan ekspor perseroan pada tahun 2022. Chief Strategy Officer, Corporate Secretary & Investor Relation ISSP Johanes Wahyudi Edward mengatakan, Spindo saat ini mengekspor sekitar 6 persen hingga tujuh persen produknya ke luar negeri. Tahun ini, kata dia, tujuan utama ekspor emiten berkode saham ISSP ini adalah ke Amerika, Kanada dan Australia Johanes melanjutkan, Spindo menargetkan pertumbuhan ekspor sebesar 15 persen tahun depan. Peningkatan ini sesuai dengan anjuran pemerintah untuk meningkatkan ekspor. Sebagaimana diketahui, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menuturkan, pemerintah akan mendorong ekspor produk besi dan baja untuk mengganti komoditas unggulan seperti minyak kelapa sawit mentah atau crude palm oil (CPO) dan batu bara. Adapun negara tujuan ekspor perseroan tahun depan masih fokus di Amerika Serikat dan Kanada. (Source: Bisnis.com) [PYFA] - Rilis Pyfahealth, Pyridam Farma (PYFA) Kolaborasi dengan Tokopedia Emiten farmasi PT Pyridam Farma Tbk (PYFA) merilis produk Pyfahealth sebagai salah satu upaya memasuki pasar consumer health Indonesia. Head of Consumer Health PYFA, Andrey Septiana dalam keterangan resmi perusahaan pada Jumat (22/10/2021) menyebutkan, jenama produk terbaru PYFA ini nantinya akan memiliki serangkaian produk mulai dari suplemen dan multivitamin untuk membantu menjaga daya tahan tubuh masyarakat Indonesia. Pada bulan ini, PYFA akan meluncurkan produk Pyfahealth Vitamin C-1000 dan Pyfahealth Vitamin B-Complex +, serta Vitamin C secara eksklusif di Tokopedia. Produk tersebut dapat dibeli di Tokopedia secara hingga Desember mendatang. Audrey menjelaskan setelah pandemi Covid-19 menghantam seluruh dunia, masyarakat menjadi lebih sadar akan keperluan suplemen dan multivitamin harian agar dapat tetap beraktivitas tanpa khawatir akan terjangkit virus. Selain kedua produk tersebut, PYFA juga akan segera meluncurkan produk-produk suplemen dan multivitamin berkualitas lainnya sebagai bentuk komitmen untuk memajukan industri healthcare di Indonesia. Dalam kesempatan yang sama, Head of Category Development (Health and Long Tail) Tokopedia, Willy Pawitra, mengungkapkan kolaborasi antara Tokopedia dengan Pyridam Farma sesuai dengan komitmen perusahaan untuk mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal tersebut juga termasuk kebutuhan masyarakat akan produk suplemen dan multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh terutama di tengah pandemi. (Source: Bisnis.com)