Daily News 08/03

March 08, 2024 No. 2520

ARKO

Arkora Hydro Tbk.

ARKO

PT Arkora Hydro Tbk (ARKO) posted a decrease in the current year's profit that can be attributed to the owner of the parent entity to Rp 39.07 billion in 2023, compared to the same period of the previous year's Rp. 52,73 billion.

PT Provident Investasi Bersama Tbk (PALM) plans to make a limited public offering in the context of Capital Addition by Providing Preemptive Rights II (PMHMETD II) or rights issue. The Company will release 8,654,256,802 shares with an implementation price of Rp418 per share and a face value of Rp 15 per share.

Penurunan tersebut menjadikan laba kotor perseroan juga susut menjadi Rp 73,96 miliar dari tahun sebelumnya Rp 127,11 miliar. Hal ini membuat laba bersih tahun berjalan perseroan turun dari Rp 52,07 miliar menjadi Rp 39,10 miliar.

https://investortrust.id/news/pendatan-dan-laba-arkora-hydro-arko-kompak-turun-di-2023

BMRI

Bank Mandiri (Persero) Tbk

BMRI

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Bank Mandiri menetapkan 60% dari laba bersih konsolidasi tahun 2023 atau Rp 33,03 triliun sebagai dividen yang akan dibagikan kepada pemegang saham. Sedangkan, sebanyak 40% dari laba bersih konsolidasi tahun lalu disepakati sebagai laba ditahan untuk penguatan modal dan pengembangan usaha. 

Dari nilai tersebut, total dividen yang dibagikan kepada Negara Republik Indonesia atas kepemilikan sebesar 52% saham Bank Mandiri atau sebesar Rp 17 triliun akan disetorkan kepada Rekening Kas Umum Negara. Lebih rinci, besaran dividen per lembar saham atau dividend per share bank berkode emiten BMRI ini mencapai kisaran Rp 353,95 naik 33% secara year on year (YoY).

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi menyampaikan, besaran dividen tersebut telah sejalan dengan komitmen manajemen Bank Mandiri untuk berkontribusi secara optimal kepada pembangunan Tanah Air, serta konsistensi perseroan untuk menjadi mitra finansial utama pilihan nasabah. 

"Keputusan ini juga mengindikasikan dukungan yang kuat dari pemegang saham kepada manajemen untuk mengakselerasi rencana ekspansi bisnis perseroan,” jelas Darmawan dalam keterangan resminya, Kamis (7/3).

https://www.emitennews.com/news/bank-mandiri-bmri-bagi-dividen-rp3303t-setara-60-persen-laba-2023

ENRG

Energi Mega Persada Tbk

ENRG

Saham Energi Mega Persada (ENRG) menyudahi perdagangan Kamis (7/3/2024), di kisaran Rp222 per lembar. Menguat 7,77 persen setara 16 poin dari penutupan sebelumnya di posisi Rp206.

Saham Energi Mega ditransaksikan 12.168 kali dengan 204,41 juta saham sebesar Rp45,79 miliar di pasar reguler. Saham Energi kemarin bergerak pada range Rp208-232 per lembar. Saat ini, market cap emiten migas Bakrie Group tersebut senilai Rp5,51 triliun.

Menariknya, di pasar negosiasi saham Energi ditransaksikan Rp620,6 miliar. Harga rata-rata jual-beli berada di level Rp180 per saham, lebih rendah dari harga Energi dari harga di pasar reguler. Empat sekuritas menjadi fasilitator transaksi saham perseroan.

Broker pembeli datang dari dua anggota bursa yakni KB Valbury Sekuritas (CP), dan PT CGS CIMB Sekuritas Indonesia (YU). Sementara broker penjual CP, YU, dan Trust Sekuritas (BR). Transaksi pembelian CP 27,4 juta lot, dan YU 7,08 juta lot. Di sisi penjualan, CP melepas 5 juta lot, dan YU 3,7 juta lot.

https://www.emitennews.com/news/saham-energi-mega-enrg-jadi-buruan-investor-ini-pemicunya

PGAS

Perusahaan Gas Negara Tbk.

PGAS

Subholding Gas PT Pertamina (Persero), PT PGN (Persero) Tbk (PGAS) memperkuat infrastruktur dan distribusi gas bumi, sambil menjaga keseimbangan pasokan nasional melalui penyediaan Liquefied Natural Gas (LNG). Upaya ini bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan gas bumi, terutama bagi sektor industri di Indonesia.

Ratih Esti Prihatini, Direktur Sales dan Operasi PGN, menyatakan bahwa LNG dianggap sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan gas bumi, sehingga sering diakui sebagai sumber energi yang lebih fleksibel dan dianggap sebagai arah masa depan.

LNG itu lebih fleksibel untuk transportasi gas bumi dengan sumber yang lokasinya jauh dari jaringan pipa dan demand gas bumi,” ungkap Ratih dalam keterangan resminya, Jakarta, Kamis (7/3/2024).

https://www.emitennews.com/news/pgn-pgas-sebut-jaga-pasokan-dengan-perkuat-distribusi-gas-bumi