Daily News 20/03

March 20, 2024 No. 2526

BBRI

Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Penerapan prinsip Environmental (lingkungan), Social (sosial) dan Governance (ESG) menjadi komitmen PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) dalam menjalankan proses bisnis dan operasionalnya. Ini bagian dari upaya perseroan memperkuat komitmen untuk sustainable finance di Indonesia.

“Masih diingat ya bahwa BRI memang first mover untuk green financing di ESG. Kami memiliki komitmen untuk mengimplementasikan ESG,” ujar Direktur Utama BRI Sunarso dalam rilis yang diterima Selasa (19/3/2024).

Salah satu bukti nyatanya, yakni lewat Komite ESG yang dibentuk pada 2021, merupakan forum bagi jajaran manajemen dalam memonitor dan mengevaluasi implementasi ESG di BRI. BRI juga telah memiliki organisasi tersendiri ESG Division pada 2022. 

https://www.emitennews.com/news/bri-bbri-perkuat-komitmen-untuk-sustainable-finance-di-indonesia

GOTO

GoTo Gojek Tokopedia Tbk.

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) menyampaikan rencana pembelian kembali saham (share buyback) sebanyak-banyaknya US$ 200 juta atau sekitar Rp 3,1 triliun. Dan hal itu bergantung pada persetujuan regulator dan pemegang saham.

Manajemen GOTO menjelaskan, seiring perbaikan profitabilitas dan arus kas, GOTO akan mengoptimalisasi pemanfaatan modalnya sejalan dengan rencana alokasi modal yang baru disusun.

Rencana tersebut mencakup inisiatif pembelian kembali saham perseroan (share buyback) sebanyak-banyaknya US$ 200 juta, di mana implementasi dan realisasi atas rencana ini akan bergantung pada diperolehnya persetujuan dari regulator dan pemegang saham yang akan diajukan melalui rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) berikutnya.

“Dewan komisaris dan direksi perseroan akan melakukan peninjauan secara berkala terhadap rencana pembelian kembali tersebut dan mungkin melakukan perubahan atau penyesuaian apabila diperlukan. Informasi lebih detail atas rencana pembelian saham kembali tersebut akan disampaikan kepada seluruh pemegang saham sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” jelas manajemen GOTO dalam keterangan resmi, Selasa (19/3/2024).

https://investor.id/market/356937/goto-ungkap-rencana-buyback-saham-rp-31-t-publik-pegang-segini

DOID

Delta Dunia Makmur Tbk

PT Delta Dunia Makmur Tbk. (DOID) menganggarkan dana capital expenditure atau belanja modal sebesar US$ 150 ? US$ 190 juta atau Rp 2,35 triliun hingga Rp 2,98 triliun pada tahun 2024.
 
Anggaran tersebut naik sebesar 20% dari realisasi capex tahun 2023 sebesar US$ 121 juta.
 
Direktur DOID Dian Andyasuri mengatakan, capex 2024 akan digunakan untuk peningkatan produksi pada site tambang di Bayan.
 
“Jadi setengah dari capex kita adalah untuk ramp up atau peningkatan produksi di Bayan. Itu contract link capex, artinya capex yang disebabkan oleh adanya kontrak,” papar Dian dalam Media Briefing dan Iftar Gathering Full Year 2023 Results & ESG Performance di Jakarta, Senin (19/3/2024).

https://investortrust.id/news/genjot-produksi-doid-alokasikan-belanja-modal-us-190-juta-tahun-2024

SRTG

Saratoga Investama Sedaya Tbk.

PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) mencatatkan nilai aset bersih atawa net asset value (NAV) sebesar Rp 48,9 triliun di tahun 2023. Angka itu turun 20% dibandingkan capaian tahun 2022.

Melansir laporan keuangan SRTG di laman BEI, Perseroan membukukan kerugian bersih atas investasi pada saham dan efek lainnya sebesar Rp13,81 triliun, naik 471% dari tahun lalu. Sementara penghasilan dividen naik ke Rp 2,80 triliun.

Meskipun begitu, Direktur Keuangan SRTG Lany D. Wong mengaku, Saratoga berhasil memperkuat likuiditas internal pada tahun 2023. Hal ini terlihat dari penurunan posisi utang yang juga berdampak pada terpangkasnya biaya bunga hingga 49% di tahun 2023.

https://investasi.kontan.co.id/news/nilai-aset-bersih-turun-20-begini-rekomendasi-saham-saratoga-srtg