Daily News 20/05

May 20, 2024 No. 2558

ISSP

Steel Pipe Industry of Indonesia Tbk.

Produsen pipa baja, PT Steel Pipe Industry of Indonesia Tbk atau Spindo (ISSP) akan menerbitkan obligasi berkelanjutan (Sustainability Linked Bond /SLB) I Spindo sebesar Rp 1 triliun pada Juli 2024.
 
Chief Business & Development Officer PT Steel Pipe Industry of Indonesia Tbk, Johanes Edward, mengatakan, penerbitan obligasi berkelanjutan merupakan salah satu wujud nyata Perseroan dalam mendukung sustanaibily financing di pasar modal Indonesia.
 
“Surat utang ini memiliki rating AAA (Triple A), karena digaransi oleh CGIF (Credit Guarantee and Investment Facility Articles of Agreement),” urai Johanes Edward usai menerima penghargaan “Best Investortrust Companies 2024,"di Jakarta, Kamis (16/5/2024).

https://investortrust.id/news/spindo-issp-akan-terbitkan-obligasi-berkelanjutan-rp-1-triliun-pada-juli-2024

ENAK

Champ Resto Indonesia Tbk.

PT Champ resto Indonesia Tbk (ENAK) mencatat lompatan laba komprehensif tahun berjalan sebesar 400% secara year on year (yoy), menjadi Rp 15,46 miliar di kuartal I-2024, dari Rp 3,05 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya.  
 
Berdasarkan laporan keuangan interim yang dipublikasikan, Sabtu (18/5/2024), tertera bahwa, perolehan laba tersebut sejalan dengan jumlah pendapatan usaha yang meningkat sebesar 27,65% secara yoy, menjadi Rp 397,49 miliar di kuartal I-2024, dari sebesar Rp 311,65 miliar pada kuartal I-2023.

Beban pokok pendapatan ikut naik, seiring kenaikan penjualan menjadi sebesar Rp 142,35 miliar di kuartal I-2024 dari sebesar Rp 117,96 miliar pada kuartal I-2023. Alhasil laba kotor yang dicatatkan melonjak menjadi sebesar Rp 255,10 miliar dari posisi Rp 193,68 miliar pada kuartal I-2023.
 
Seiring kenaikan laba bersih, Perseroan mencatat laba per saham dasar naik menjadi sebesar Rp 7,14 pada kuartal I-2024 dari Rp 1,41 per saham pada periode kuartal I-2023.

https://investortrust.id/news/pengelola-restoran-gokana-ramen-enak-catat-lompatan-laba-400-di-kuartal-i-2024

BSDE

Bumi Serpong Damai Tbk

PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) dan Astra Land Indonesia secara resmi membentuk usaha patungan atau joint venture untuk membangun proyek residensial baru. 

Perjanjian kemitraan strategis terkait ekspansi bisnis properti ini telah ditandatangani oleh Astra Land Indonesia dan Sinar Mas Land pada 30 April 2024.

Kolaborasi antara kedua pengembang properti ini akan diwujudkan dalam membangun kluster residensial yang menawarkan hunian sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup modern masyarakat saat ini. 

Proyek  tersebut diharapkan menjadi landasan bagi kualitas hidup yang lebih baik dan menjadi pilihan utama bagi masyarakat yang menginginkan pengalaman tinggal di hunian nyaman nan modern, di tengah kota mandiri yang berkembang pesat. 

https://investasi.kontan.co.id/news/ekspansi-bisnis-properti-bsde-dan-astra-land-bikin-perusahaan-patungan

SURI

Maja Agung Latexindo Tbk.

PT Maja Agung Latexindo Tbk (SURI) di sepanjang tahun 2023 berhasil membukukan kinerja cemerlang. Hal tersebut terlihat dari performance keuangan perseroan, dimana laba bersih di sepanjang tahun lalu berhasil tumbuh sebesar Rp 5,5 miliar. Untuk itu, di tahun 2024 perseroan menargetkan laba bersih bisa mengalami peningkatan 80 persen.

Direktur PT Maja Agung Latexindo Tbk Engel Stefan menjelaskan, target tersebut dianggap realistis untuk dapat direalisasikan hingga akhir tahun 2024. Menurutnya, ada beberapa faktor yang membuat laba bersih SURI bakal mengalami peningkatan hingga 80 persen di penghujung tahun ini.

Pertama, faktor dari nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi perusahaan karena, basis bisnis SURI adalah ekspor. Kedua, kondisi geopolitik yang saat ini tensinya mengalami peningkatan sehingga membuat beberapa negara menyetok pasokannya. Ketiga, harga permintaan yang naik akibat dari kondisi geopolitik yang semakin intens.

“Yang kita lihat dari 3 faktor tadi. Dan tahun ini, SURI lebih mengejar ke target profit (laba bersih) dibandingkan dengan revenue (pendapatan)”, ujarnya dalam keterangan tertulis. (16/5).

https://www.emitennews.com/news/maja-agung-latexindo-suri-pede-laba-bersih-naik-80-persen-di-2024