Daily News 19/06

June 19, 2024 No. 2576

GOOD

Garudafood Putra Putri Jaya Tbk.

Emiten sektor makanan dan minuman, PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (GOOD) melego aset dalam bentuk lahan kosong yang terletak di Sumedang, Jawa Barat, kepada PT Mulia Boga Raya Tbk atau MBR (KEJU) senilai Rp 78,75 miliar.

Direktur PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk, Johannes Setiadharma mengatakan, lahan yang dilego memiliki luas 25.000 meter persegi dengan status Hak Guna Bangunan (SHGB). 
 
‘’Dengan adanya perluasan usaha tersebut dapat menghasilkan keuntungan sehingga memberikan kontribusi positif terhadap pendapatan GOOD sebagai pemegang saham pengendali MBR,’’ tutur dia.  

https://investortrust.id/news/garudafood-good-lego-aset-ini-ke-mulia-boga-keju-rp-78-75-miliar

GEMS

Golden Energy Mines Tbk.

PT Borneo Indobara (BIB), anak usaha PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS), mendapat angin segar dengan diraihnya fasilitas kredit modal kerja senilai Rp1 triliun dari Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) pada tanggal 10 Juni 2024. 

Dana segar ini diharapkan menjadi amunisi kuat bagi BIB untuk memacu pertumbuhan dan kinerja operasional, serta memperkuat kondisi keuangan perusahaan.

"Fasilitas kredit ini bagaikan suntikan modal yang sangat berarti bagi BIB. Dana ini akan kami manfaatkan untuk mendukung berbagai kegiatan operasional dan pengembangan usaha, sehingga dapat mendorong pertumbuhan perusahaan secara berkelanjutan," ungkap Corporate Secretary GEMS, Sudin SH.


Lebih lanjut, Sudin optimistis bahwa perolehan kredit ini akan membawa dampak positif yang signifikan bagi BIB, tidak hanya dalam aspek keuangan, tetapi juga dalam kelangsungan usaha. 

"Kredit ini menjadi bukti kepercayaan LPEI terhadap prospek bisnis BIB yang cerah. Kami berkomitmen untuk mengelola dana ini dengan penuh tanggung jawab dan efisien, sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan dan para pemangku kepentingan," imbuhnya.

https://www.emitennews.com/news/anak-usaha-gems-raih-suntikan-modal-rp1-triliun-dari-lpei

HUMI

Humpuss Maritim Internasional Tbk.

Humpuss Maritim (HUMI) sepanjang 2024 mematok laba USD15,22 juta. Melejit 20 persen dari torehan episode sama tahun lalu senilai USD12,69 juta. Nah, untuk memenuhi perburuan target itu, emiten asuhan Tommy Soeharto itu, menyiapkan sejumlah rencana ekspansi.

Misalnya. penambahan armada kapal hingga perluasan pasar. Peningkatan permintaan atas Offshore Supply Vessel (OSV) menawarkan peluang menjanjikan bagi perusahaan. Kondisi itu, mewajibkan perolehan kapal tambahan untuk memenuhi kebutuhan industri.

Sepanjang 2023, perusahaan telah menambah 4 kapal baru. ”Untuk memenuhi kebutuhan pasar, pada 2024 perseroan berencana menambah 9 kapal. Itu terdiri dari 3 kapal kimia, 1 kapal LNG, dan 5 kapal Tugboat. Kebutuhan itu disesuaikan dengan permintaan pasar, dimana ketiga jenis kapal tersebut saat ini sangat diminati di Indonesia," tutur Tirta Hidayat, CEO Humpuss Maritim. 

Hingga akhir Mei 2024, telah terealisasi 2 kapal chemical, dan 2 kapal harbour tug. Keempat kapal itu, telah beroperasi penuh, dan melayani pelanggan sesuai dengan segmen jenis kapal. Nah, dari sisi jenis angkutan, tren kebutuhan akan kapal pengangkut kimia, dan kapal penunjang lepas pantai akan terus mengalami tren kenaikan di masa mendatang. 

https://www.emitennews.com/news/buru-laba-usd15-juta-emiten-tommy-soeharto-humi-mainkan-skema-ini

PCAR

Prima Cakrawala Abadi Tbk.

Emiten produsen rajungan, PT Prima Cakrawala Abadi Tbk (PCAR) bersiap untuk melebarkan pangsa pasar lokal melalui diversifikasi produk pada Kuartal II-2024.

Direktur Utama PCAR Raditya Wardhana mengatakan, saat ini pihaknya tidak hanya mengandalkan produk rajungan saja melainkan dengan produk-produk perikanan beku lainnya.

Fokus utama tetap di rajungan tapi kita sudah mulai diversifikasi ke beberapa jenis produk untuk market lokal," kata Raditya kepada Kontan.co.id, Selasa (18/6).

https://industri.kontan.co.id/news/prima-cakrawala-pcar-melebarkan-pangsa-pasar-lokal-melalui-diversifikasi-produk