Daily News 25/06

June 25, 2024 No. 2580

SSIA

Surya Semesta Internusa Tbk

Pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA) yang berlangsung Jumat (21 Juni 2024), pemegang saham memberikan persetujuan atas rencana penjualan sebagian saham SSIA dalam PT Suryacipta Swadaya (SCS) kepada investor, serta pengeluaran saham-saham baru oleh SCS.

Dalam RUPSLB ini, SSIA juga menandatangani Akta Jual Beli Saham dan Akta Persetujuan Pemegang Saham untuk Penerbitan Saham-Saham Baru yang akan diambil oleh PT Puri Bumi Lestari (PBL) dengan total nilai mencapai Rp3,1 triliun.


Presiden Direktur SSIA, Johannes Suriadjaja, mengungkapkan bahwa persetujuan RUPSLB atas transaksi dan penandatanganan akta-akta tersebut merupakan langkah signifikan dalam pengembangan bisnis perusahaan. 

“Dengan penandatanganan transaksi ini, kami akan menerima pelunasan sebesar 90% dari nilai transaksi atau sekitar Rp2,8 triliun,” jelas Johannes.


Penambahan setoran modal dari PBL ke SCS ini diharapkan akan mempercepat pengembangan Kawasan Industri Subang Smartpolitan dan meningkatkan daya tariknya bagi calon pembeli. 

https://www.emitennews.com/news/ssia-dapat-restu-ambil-alih-365-persen-saham-suryacipta-swadaya

WIFI

Solusi Sinergi Digital Tbk.

PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) atau Surge menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MOU) dengan PT Arsari Sentra Data milik pengusaha Hashim S Djojohadikusumo. Kerja sama dengan Grup Arsari ini diharapkan memuluskan langkah perseroan dalam menyediakan konektivitas andal untuk 25 juta rumah tangga di Indonesia.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Presiden Direktur PT Solusi Sinergi Digital Tbk Yune Marketatmo dan Chairman PT Arsari Sentra Data Hashim S. Djojohadikusumo. Presiden Direktur Yune Marketatmo mengatakan, kerja sama ini diharapkan dapat mempercepat peningkatan penetrasi internet agar lebih merata, terjangkau, dan dapat memberikan dampak pada perkembangan ekonomi digital masyarakat.

“Dukungan dari Arsari Group kami harapkan dapat membantu percepatan operasi bisnis kami dan mempercepat penetrasi fixed broadband ke berbagai wilayah yang dapat berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan, akses kesehatan, hingga peningkatan perekonomian," jelas dia dalam keterangan tertulis, Senin (24/6/2024).

https://investor.id/market/365100/surge-wifi-gandeng-grup-arsari-tingkatkan-penetrasi-internet

PYFA

Pyridam Farma Tbk

PT Pyridam Farma Tbk (PYFA) mengumumkan telah resmi mengakuisisi perusahaan farmasi asal Australia, Probiotec Ltd, dengan nilai transaksi sebesar 251,3 juta dolar Australia atau setara dengan Rp2,7 triliun.

Akuisisi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja PYFA secara signifikan, dengan proyeksi pendapatan mencapai Rp2,28 triliun pada tahun 2024. "Targetnya ada di situ karena pendapatan dari Probiotec sudah mulai dikonsolidasikan," ujar dr. Widjanarko Brotosaputro selaku Corporate Strategic Development Officer Pyridam Farma, yang akrab disapa Paulus, Senin (24/6/2024).

Paulus juga optimistis bahwa kinerja industri farmasi di Indonesia akan terus membaik pada sisa tahun ini, seiring dengan penyesuaian terhadap transisi regulasi. Berdasarkan data pasar, pertumbuhan industri farmasi domestik diperkirakan berkisar antara 5 hingga 7 persen pada tahun 2024.

"Memang hingga kuartal ini seluruh industri farmasi melambat, selain keterbatasan bahan baku impor juga ada transisi regulasi, tapi itu akan membaik seiring berjalannya waktu," tambah Paulus.

https://www.emitennews.com/news/resmi-akuisisi-probiotec-pyfa-targetkan-pendapatan-rp228t-di-2024

ELIT

Data Sinergitama Jaya Tbk.

PT Data Sinergitama Jaya Tbk (ELIT), atau ELITERY bekerjasama dengan USAID dan Amazon Web Service (AWS) mengumumkan peluncuran tahun kedua Program TALENTA Akselerator 2024 melalui acara Plenary TALENTA Acceleration: Unleashing Potential, Accelerating Growth. 

Acara ini dihadiri secara hybrid oleh 35 startup terpilih dari total 75 pendaftar, alumni program tahun 2023, serta berbagai stakeholder penting lainnya. Inisiatif ini bertujuan untuk menjadi katalis dalam transformasi digital Indonesia, memperkuat fondasi ekonomi negara melalui teknologi. 

Melanjutkan kesuksesan program tahun pertama yang berhasil melibatkan 32 startup dalam program akselerasi, program tahun kedua ini dirancang untuk mendorong lebih banyak lagi startup tahap awal yang potensial di industri EdTech, HealthTech, AgriTech, GovTech, dan Smart Cities, dengan menyediakan sumber daya esensial yang membantu startup mendapatkan akses ke modal ventura dan menciptakan dampak sosio ekonomi yang signifikan. 

Dari 35 startup yang mengikuti program TALENTA Akselerator 2024, tiga industri yang paling banyak diikuti adalah HealthTech (8 startup); AgriTech (8 startup); EdTech (6 startup). Program tahun ini juga dihadiri oleh dua startup TALENTA 2023, yaitu MomWork dan KlinikGo, yang mewakili sektor HealthTech dan EdTech, dan memberikan sesi sharing inspirasi untuk para peserta. TALENTA Akselerator 2024 didukung penuh oleh Elite Academy, Think.Web dan Impactto. 

https://www.emitennews.com/news/ada-35-startup-elitery-elit-dorong-transformasi-digital-via-inovasi