Daily News 01/07

July 01, 2024 No. 2584

SMGR

Semen Indonesia (Persero) Tbk.

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) terus memperkuat ekspansi bisnisnya dengan berpartisipasi dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) yang mayoritas terdiri dari proyek konstruksi. 

Volume kebutuhan semen dan bahan baku konstruksi yang tinggi menjadi pendorong utama bagi SIG untuk bekerja sama dengan kontraktor-kontraktor konstruksi, serta bergabung dalam konsorsium PT Karya Logistik Nusantara (KLN). Konsorsium ini akan bertanggung jawab atas pasokan beton, keseluruhan bahan baku, dan pengelolaan logistik dalam pembangunan IKN.

SIG melakukan ekspansi dengan penyertaan modal senilai Rp22,5 miliar ke PT Karya Logistik Nusantara (KLN) melalui skema right issue. Dengan ini, SIG menjadi pemegang saham KLN dengan porsi kepemilikan sebesar 20,9%. Langkah ini memperkuat posisi SIG untuk memasok produk bahan bangunan dan solusi berkelanjutan untuk proyek pembangunan di IKN.

Direktur Utama SIG, Donny Arsal, menegaskan bahwa proyek-proyek di IKN merupakan peluang bagi SIG untuk menunjukkan kepemimpinan dalam produk konstruksi ramah lingkungan. 

https://www.emitennews.com/news/sig-smgr-caplok-209-persen-konsorsium-proyek-di-ikn-rp225-miliar

GOOD

Garudafood Putra Putri Jaya Tbk.

PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (GOOD) menambah kepemilikan saham di PT Sinarniaga Sejahtera (SNS). GOOD telah menandatangani akta jual beli 348,5 juta lembar saham atau 34% saham SNS dengan perusahaan asal Singapura, Greatwall Capital Pte. Ltd (GWC).  

Berdasarkan akta jual beli saham yang telah diteken pada 25 Juni 2024 tersebut, transaksi pembelian 34% saham SNS dari GWC mencapai Rp 200 miliar.

Adapun, SNS merupakan perusahaan yang bergerak di bidang distributor makanan dan minuman, dimana sebelumnya GOOD telah memiliki penyertaan sebesar 55,70%. 

Melalui transaksi ini, GOOD ingin meningkatkan porsi kepemilikan sahamnya pada SNS. "Oleh karena SNS memiliki potensi keuntungan di masa mendatang yang dapat menguntungkan perseroan. Selain itu, perseroan ingin memperkuat posisinya sebagai pemegang saham pengendali," ungkap manajemen GOOD dalam keterbukaan informasi, Kamis (27/6).

https://investasi.kontan.co.id/news/garudafood-good-akuisisi-distributor-makanan-minuman-senilai-rp-200-miliar

TRIN

Perintis Triniti Properti Tbk.

PT Perintis Triniti Properti Tbk (TRIN) atau Triniti Land mencatatkan pendapatan pra penjualan atau marketing revenue sebesar Rp608,6 miliar hingga akhir bulan Mei 2024.

Hasil itu naik sebesar 79 persen dibanding marketing revenue Perseroan pada periode yang sama tahun sebelumnya yakni sebesar Rp339,5 miliar.

CEO Triniti Land, Ishak Chandra mengatakan, perseroan meraih 50,7 persen dari target marketing revenue tahun 2024.

”Melihat pencapaian Marketing Revenue s/d Mei 2024, kami perkirakan Penjualan Triniti Land sampai akhir tahun akan naik minimum 25 persen-30 persen dari Pencapaian tahun lalu. Kami berkeyakinan, Persero bisa mencapai target Marketing Revenue sebesar Rp. 1.2  Triliun untuk tahun 2024 ini.”terang Ishak dalam keterangan resmi, Kamis 27 Juni 2024.

https://www.emitennews.com/news/hingga-mei-2024-triniti-land-trin-catat-pra-penjualan-rp608m

PYFA

Pyridam Farma Tbk

PT Pyridam Farma Tbk (PYFA), menyampaikan bahwa  Probiotec Limited telah menandatangani fasilitas pinjaman dari The Hongkong and Shanghai Banking Corporation Limited, Cabang Sydney, Australia pada tanggal 24 Juni 2024.

Manajemen PYFA dalam Keterbukaan Informasi yang disampaikan ke BEI Jumat (28/6) menjelaskan total fasilitas pinjaman tersebut senilai AUD75.500.000.

Adapun atas Transaksi Fasilitas Pinjaman, berdasarkan Perjanjian Fasilitas dan General Security Deed tertanggal 25 Juni 2024. “Penjamin akan menjamin/memberikan jaminan atas kewajiban pembayaran Debitur berdasarkan Perjanjian Fasilitas untuk kepentingan Bank Pemberian Jaminan”, tulis manajemen.

https://www.emitennews.com/news/probiotec-pinjam-aud755-juta-dari-hsbc-usai-dicaplok-pyfa-rp275t