Daily News 02/07

July 02, 2024 No. 2585

JSMR

Jasa Marga (Persero) Tbk

Grup Salim semakin dalam menancapkan kukunya di bisnis jalan tol Indonesia setelah memboyong 35% saham PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT), yang dimiliki emiten BUMN PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR).

Jasa Marga diketahui telah menunjuk Grup Salim sebagai mitra strategis dalam pengelolaan Jalan Tol Trans Jawa. Kemitraan itu ditandai lewat penandatanganan Conditional Share Purchase Agreement (CSPA) pada 28 Juni 2024 di Jakarta.

Kerja sama investasi tersebut dilakukan oleh anak usaha dari perusahaan investasi milik Grup Salim, yaitu Metro Pacific Tollways Corp (MPTC) bersama Government of Singapore Investment Corporation (GIC) sebagai mitra konsorsium.

https://market.bisnis.com/read/20240701/192/1778502/ambisi-grup-salim-usai-beli-saham-tol-trans-jawa-jasa-marga-jsmr

INCO

Vale Indonesia Tbk.

Emiten BUMN PT Vale Indonesia Tbk. (INCO) mencatatkan kenaikan produksi nikel sepanjang kuartal I/2024. Meski demikian, kinerja keuangan justru anjlok akibat rendahnya realisasi harga nikel.

Chief Financial Officer Vale Indonesia Bernardus Imanto mengatakan sepanjang kuartal I/2024, INCO memproduksi nikel dalam matte sebanyak 18.199 metrik ton, naik 8,52% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar 16.769 metrik ton.

Adapun sepanjang 2024, INCO menargetkan produksi nikel sekitar 70.800 metrik ton dalam matte.

Penjualan nikel matte ikut meningkat dari sebelumnya hanya sebesar 16.758 metrik ton menjadi sebesar 18.175 metrik ton. Namun, realisasi harga rata-rata justru turun 41,62% menjadi US$12.651 per ton dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar US$21.672 per ton. 

https://market.bisnis.com/read/20240701/192/1778533/pemicu-kinerja-vale-inco-anjlok-meski-produksi-naik-kuartal-i2024

DOID

Delta Dunia Makmur Tbk

American Anthracite SPV I, LLC, anak usaha PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID), telah merampungkan akuisisi strategis Atlantic Carbon Group, Inc (ACG) senilai USD 122,4 juta.

Akuisisi ini memastikan kepemilikan atas empat tambang antrasit berkadar sangat tinggi (Ultra-High-Grade/UHG) di Pennsylvania, Amerika Serikat. Dan menempatkan Delta Dunia Group sebagai pemain kunci di pasar global antrasit UHG, yang krusial untuk produksi baja rendah karbon (low carbon steel).

Direktur Utama DOID, Ronald Sutardja menyatakan, transaksi ini mendiversifikasi bisnis perseroan ke dalam komoditas masa depan (future-facing commodities) karena memungkinkan untuk meraih peluang di wilayah pertambangan terkemuka.

https://www.emitennews.com/news/akuisisi-tuntas-doid-klaim-atlantic-sumbang-pendapatan-usd130-juta

BNGA

Bank CIMB Niaga Tbk.

Seiring kebutuhan nasabah yang terus meningkat di tengah tren gaya hidup ramah lingkungan, PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA), atau CIMB Niaga menghadirkan produk dan program pembiayaan hijau. Salah satunya melalui Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Hijau atau Green Mortgage. Inisiatif ini sejalan dengan komitmen CIMB Niaga sebagai bank yang aktif mengimplementasikan sustainability (keberlanjutan) di Indonesia.

Head of Secured Lending Business & Consumer Credit Underwriting CIMB Niaga Djojo Boentoro menyatakan, Green Mortgage merupakan fasilitas pembiayaan untuk pembelian properti dari pengembang (developer) yang telah memenuhi standar prinsip keberlanjutan atau sertifikasi bangunan hijau dari lembaga yang diakui. Di antaranya menggunakan bahan bangunan ramah lingkungan, memiliki pengelolaan air yang baik, dan efisiensi energi melalui pemanfaatan solar panel.


Selain fasilitas Green Mortgage, nasabah CIMB Niaga juga memiliki kesempatan berkontribusi dalam gerakan penanaman 1 pohon untuk keberlanjutan bumi melalui KPR One House One Tree. Program ini bekerja sama dengan Yayasan Keanekaragaman Hayati (KEHATI) dalam bentuk pelestarian tanaman bambu, kopi, dan cengkeh di Nusa Tenggara Timur (NTT). 

https://www.emitennews.com/news/cimb-niaga-bnga-perkuat-inisiatif-kpr-hijau-dukung-bumi-yang-lestari