Daily News 04/07

July 04, 2024 No. 2588

ASII

Astra International Tbk

PT. Astra otoparts (AUTO) yang merupakan anak usaha PT Astra International (ASII) melakukan transaksi penjualan aset berupa tanah dan bangunan kepada PT Saka Industrial Perkasa (SIP) pada tanggal 28 Juni 2024.

Sophie Handili Corporate Secretary AUTO dalam keterangan tertulisnya Selasa (2/7) memaparkan aset tersebut berlokasi di di Cibinong, Bogor Jawa Barat, dengan luas 89.773 m2 yang dilakukan oleh Perseroan dan PT Indokarlo Perkasa (dalam likuidasi) (IKP), kepada PT Saka Industrial Perkasa (SIP) senilai Rp201,5 miliar.

Lebih lanjut memaparkan Sophie memaparkan transaksi ini dilakukan dengan pertimbangan SIP berniat mengakuisisi tanah dan bangunan yang dimiliki oleh IKP dalam melanjutkan proses likuidasi IKP yang mengharuskan IKP untuk menjual sisa asetnya berupa tanah dan bangunan. Di samping itu, SIP juga berencana untuk mengakuisisi tanah dan bangunan yang dimiliki oleh AUTO dengan pertimbangan bahwa tanah dan bangunan tersebut berada di area yang sama dengan IKP.

https://www.emitennews.com/news/entitas-astra-asii-akuisisi-tanah-dan-bangunan-di-bogor-rp210m

MEDS

Hetzer Medical Indonesia Tbk.

PT Hetzer Medical Indonesia Tbk. (MEDS) emiten Industri Peralatan Kesehatan dan turunannya berencana menambah kegiatan usaha utama melalui Penambahan KBLI dan akan merubah ketentuan Pasal 3 Anggaran Dasar Perseroan.

Manajemen MEDS dalam keterangan tertulisnya Rabu (3/7) menuturkan bahwa MEDS berencana menambah kegiatan usaha di bidang usaha berupa industri dan perdagangan Kursi Roda, Tiang Infus, Bak Instrumen, dan Tensimeter Digital.

Penambahan kegiatan usaha ini dilakukan dengan pertimbangan MEDS melihat adanya peluang untuk meningkatkan pendapatan dari beberapa produk alat kesehatan yang akan diproduksi oleh Perseroan, seperti kursi roda, tiang infus, bak instrumen, dan tensimeter digital. Sebagai contoh berdasarkan data oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) diketahui bahwa sekitar 1,3 miliar orang diseluruh dunia hidup dengan disabilitas, yang merupakan 16% dari populasi global.

https://www.emitennews.com/news/hetzer-meds-minta-restu-rambah-bisnis-kursi-roda-hingga-tiang-infus

KOTA

DMS Propertindo Tbk.

PT DMS Propertindo Tbk. (KOTA) membukukan pendapatan pada sektor perhotelan sebesar Rp27,87 miliar tahun 2023. Terjadi lonjakan sampai 33 persen year-on-year (yoy) dari Rp20,94 miliar pada 2022.

"Di segmen perhotelan, KOTA mencatat adanya kenaikan tingkat okupansi untuk hotel-hotel yang dioperasikan pada 2023 dibandingkan 2021 dan 2022 sehingga mendorong pendapatan," ucap Direktur Utama DMS Propertindo Mohammad Prapanca dalam pernyataannya di Jakarta, Rabu (3/7/2024).

Pada kuartal I 2024, perseroan membukukan pendapatan Rp5,77 miliar, turun dari Rp5,85 miliar pada kuartal I 2023.

Meskipun begitu, Mohammad Prapanca tetap optimistis kinerja perseroan akan membaik tahun ini. Karena itu, pihaknya menargetkan pertumbuhan sesuai dengan pertumbuhan industri, yakni sekitar 5-10 persen.

https://www.emitennews.com/news/dms-propertindo-kota-bukukan-pendapatan-perhotelan-naik-33-persen

UNVR

Unilever Indonesia Tbk

Unilever Indonesia Tbk (UNVR) berencana melakukan pembelian aset mesin untuk keperluan produksi kecap Bango dan bumbu masakan lain yang dimiliki oleh PT Unilever Enterprises Indonesia (UEI) yang berlokasi di Subang, senilai Rp41.508.724.000.

Transaksi ini dilakukan dengan pertimbangan, saat ini UNVR menyewa mesin dari UEI yang digunakan untuk memproduksi kecap Bango.

“Berdasarkan analisa dan proyeksi Perseroan, permintaan atas penjualan kecap Bango di pasar masih sangat tinggi untuk ke depannya. Sehingga Perseroan memandang perlu untuk melakukan beberapa terobosan dan inovasi untuk mendukung pertumbuhan penjualan kecap Bango," sebut Manajemen UNVR, dalam keterangan tertulis, Rabu (03/7). 

Lebih lanjut dijelaskan beberapa keuntungan yang akan didapatkan oleh Perseroan atas transaksi pembelian mesin dari UEI, antara lain; 

1.Keuntungan Finansial, dimana pembelian aset mesin dari UEI akan membantu kinerja keuangan Perseroan.

Selanjutnya, UNVR akan mendapatkan penghematan biaya tahunan yang akan didapatkan dari selisih antara biaya sewa mesin dibandingkan dengan biaya penyusutan yang lebih rendah.

https://www.emitennews.com/news/unilever-unvr-akan-beli-mesin-buat-produksi-kecap-bango-rp415m