Daily News 09/07

July 09, 2024 No. 2591

ADHI

Adhi Karya (Persero) Tbk

PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) mengusulkan penyertaan modal negara tahun 2025 senilai Rp 2,096 triliun. Dana tersebut akan digunakan untuk menuntaskan dua proyek strategis nasional (PSN), yakni pembangunan Tol Solo-Yogyakarta dan Yogyakarta-Bawen di Jawa Tengah (Jateng).
 
"Kami usulkan tambahan PMN tahun 2025 sebesar Rp 2,096 triliun. Dana ini diperuntukkan untuk membiayai pembangunan kedua proyek ruas tol Jogja-Solo dan Jogja-Bawen," kata Direktur Utama PT Adhi Karya, Entus Asnawi Mukhson dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi VI DPR RI, Gedung Nusantara Senayan, Jakarta, Senin (8/7/2024).

Di proyek Tol Jogja-Solo ini, menurut Asnawi, ada perubahan porsi pengerjaan yang awalnya hanya memiliki 24% saham PT Jasamarga Jogja-Solo (JMJ) Nomor 6 September 2020, berubah menjadi 47,18% pada akta PT JMJ Nomor 4, November 2023. Sedangkan sisanya sekitar 52,82% akan dikerjakan oleh PT JMJ selaku operator tol tersebut.

https://investortrust.id/news/garap-dua-tol-adhi-karya-adhi-usulkan-pmn-rp-2-09-triliun

BBTN

Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk

Harga saham PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) ditutup menguat setelah manajemen memastikan gagal mengakuisisi mayoritas saham PT Bank Muamalat. Pembatalan tersebut direspons positif pasar saham. 

Kabar batalnya akuisisi Bank Muamalat disampaikan langsung Dirut BBTN Nixon L.P Napitupulu saat Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR RI (8/7). Dia menyatakan bahwa proses akuisisi Bank Muamalat Indonesia tidak berlanjut ke tahap berikutnya atau batal.
 
Namun demikian, Nixon tidak menjelaskan alasan lebih detail pembatalan akuisisi tersebut, karena menghormati perjanjian dengan pihak yang akan diakuisisi. Informasi pembatalan ini sudah disampaikan ke Kementerian BUMN selaku pemegang saham pengendali BBTN dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
 
“Kami tetap harus menjaga kesepakatan bersama mereka (Bank Muamalat). Tapi secara umum, kami sampaikan tidak akan meneruskan proses akuisisi,” ujar Nixon dalam RDP.

https://investortrust.id/news/saham-btn-bbtn-melesat-usai-batal-akuisisi-muamalat-kok-bisa

BREN

Barito Renewables Energy Tbk.

Sebagai agenda nasional, Pemerintah Indonesia saat ini tengah berupaya untuk mendorong transisi energi menjadi salah satu upaya menjaga ketahanan energi dan mewujudkan ekonomi hijau di Indonesia.

Komitmen ini tercermin dalam Peraturan Presiden Nomor 112 Tahun 2022, yang menetapkan target 23% energi terbarukan pada 2025 dan 31% pada 2050. Selain itu, Indonesia telah menaikkan target penurunan emisi menjadi 31,89% secara unconditional dan 43,20% secara conditional pada tahun 2030.

Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi Eniya Listiani Dewi, mengatakan Pemerintah akan menggali potensi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) atau geothermal sebagai upaya melakukan diversifikasi sumber energi. “Mungkin (mendorong) EBT (energi baru terbarukan) yang selama ini belum banyak digali, seperti PLTP dan sebagainya. Itu perlu didorong lagi,” ujarnya usai dilantik di Kantor Kemeterian ESDM pada bulan Maret lalu.

Eniya menambahkan bahwa seringkali investasi di PLTP dianggap tidak bisa dilakukan karena terdapat ketimpangan yang tinggi antara ketersediaan dan permintaan (supply and demand). Jadi supply-nya tinggi, potensi tinggi, tapi demand-nya rendah sehingga investasi gak jalan. Oleh karena itu, ia berupaya untuk menggenjot pemanfaatan energi panas bumi agar meningkatkan minat para investor untuk berinvestasi di PLTP.

https://www.emitennews.com/news/emiten-prajogo-pangestu-bren-mantapkan-sektor-ebt-ini-faktanya

WIRG

WIR ASIA Tbk.

Merek mobil  asal Prancis, Citroen, berkolaborasi dengan WIR Group (PT WIR ASIA Tbk) untuk membawa pengalaman baru yang memukau.

Pada kesempatan bergengsi ini, Citroen bersama anak perusahaan WIR Group, AR&Co, menghadirkan penggabungan inovatif antara industri otomotif dan teknologi imersif dalam Augmented Reality (AR) interaktif untuk memperkenalkan produk terbarunya, All New Citroen C3 Aircross SUV.

Citroen dikenal karena membawa banyak inovasi penting dalam sejarah mobil, termasuk suspensi hidrolik dan rem cakram. Citroen juga sering dikenal karena desainnya yang unik dan fungsional, dengan fitur-fitur yang dirancang untuk kenyamanan pengemudi dan penumpang.

Partner Citroen dalam pengembangan fitur ini, WIR Group, adalah perusahaan teknologi imersif dan web3 yang berfokus pada Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), Artificial Intelligence (AI), dan blockchain di Asia Tenggara. 

https://www.emitennews.com/news/citroen-gandeng-wir-group-wirg-garap-teknologi-otomotif-ar