Daily News 10/07

July 10, 2024 No. 2592

ASII

Astra International Tbk

ASII

Penjualan Mobil Astra pada Bulan Juni 2024 meningkat 6,3% menjadi 43.908 unit dibandingkan bulan sebelumnya. Hal itu disampaikan Manajemen PT Astra International Tbk (ASII), dalam laporannya yang dikutip, Selasa (9/7).

Sementara pada periode tersebut, pangsa pasar meningkat 2% dari bulan sebelumnya menjadi 60%. Sementara penjualan mobil nasional pada Juni 2024 sebesar 72.936 meningkat 2,3% dibanding bulan sebelumnya.

"Pada bulan Juni 2024, penjualan mobil Astra tercatat tumbuh positif, terefleksi dengan meningkatnya pangsa pasar mobil Astra menjadi 60%," kata Head of Corporate Communications Astra Boy Kelana Soebroto.

"Astra senantiasa mendukung industri otomotif tanah air melalui berbagai merek kendaraan dengan inovasi terkini yang dikembangkan dan disediakan demi menjawab kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia. Berbagai pilihan kendaraan akan dihadirkan pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, tanggal 18 hingga 28 Juli 2024 mendatang," imbuhnya.

https://investasi.kontan.co.id/news/penjualan-mobil-astra-international-asii-meningkat-63-pada-juni-2024

 

SGER

Sumber Global Energy Tbk.

SGER

PT Sumber Global Energy Tbk (SGER) menyampaikan bahwa kembali meraih kontrak pengiriman batubara ke Vietnam. Kali ini, SGER menggandeng konsorsium asal Vietnam, yakni Vinacomin Northern Coal untuk mengirim batubara ke negara tersebut.

Kedua belah pihak yakni Sumber Global Energy dan Vinacomin Northern Coal telah meneken persetujuan paket impor batubara untuk tahun 2024. 

Direktur Utama SGER Welly Thomas menyebut, pangsa batubara global tahun ini masih berpeluang bertumbuh. 

Vietnam menjadi salah satu negara potensial bagi komoditas batubara. Sebab, permintaan batubara dari negara tersebut terus bertumbuh seiring dengan tumbuhnya perekonomian dan naiknya kebutuhan Listrik.

“Ke depan kami akan terus menjajaki peluang pengiriman ke Vietnam dan juga negara lain, khususnya di Asia Tenggara, mengingat potensi kebutuhan batubara di wilayah ini masih cukup tinggi,” terang Welly dalam siaran pers, Selasa (9/7/2024).

https://www.emitennews.com/news/sger-raih-kontrak-impor-batu-bara-ke-vietnam-usd225-juta

GOTO

GoTo Gojek Tokopedia Tbk.

GOTO

Pasca mendapatkan persetujuan dari Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) diam - diam mulai menjalankan aksi pembelian kembali saham (buyback).

Dalam Laporan Bulanan Registrasi Pemegang Efek GOTO yang dilaporkan ke Bursa Efek Indonesia (BEI) sore hari ini Selasa (9/7) disebutkan bahwa jumlah saham treasury GOTO mencapai 14,09 miliar atau setara dengan 1,17%. 

Jumlah saham treasury tersebut meningkat dari posisi sebelumnya yaitu 10,26 miliar atau 0,85% dari jumlah saham beredar.

Perubahan jumlah saham treasury tersebut mengindikasikan bahwa GOTO telah membeli sebanyak 3,83 miliar saham. 

https://www.emitennews.com/news/diam-diam-goto-cicil-buyback-miliaran-lembar-saham

NELY

Pelayaran Nelly Dwi Putri Tbk.

Nely

 PT Pelayaran Nasional Nelly Dwi Putri Tbk (NELY) telah mendirikan Pelayaran Nasional Dwi Putri SG Private Limited, anak perusahaan di bidang pelayaran termasuk catering kapal dan kapal dengan awak kapal yang berbasis di Singapura.

Ria Novriani Putri, Sekretaris Perusahaan NELY dalam keterbukaan informasi yang disampaikan ke BEI, Selasa (9/7/2024) mengemukakan, modal dasar dan modal disetor Pelayaran Nasional Dwi Putri SG Private Limited sebesar SGD1 juta.

Menurut Ria, seluruh saham Pelayaran Nasional Dwi Putri SG Private Limited dimiliki oleh NELY.  “Tujuan pendirian Pelayaran Nasional Dwi Putri SG Private Limited adalah dalam rangka pengembangan bisnis Perseroan,” tulis Ria dalam laporan keterbukaan informasi yang disampaikan ke BEI.

Ria mengatakan, pendirian anak usaha Pelayaran Nasional Dwi Putri SG Private Limited akan memberikan tambahan pendapatan dan laba bagi Perseroan. Juga akan berdampak terhadap pemegang saham Perseroan di masa mendatang.

https://stockwatch.id/ekspansi-bisnis-pelayaran-nasional-nelly-dirikan-anak-usaha-di-singapura/