Daily News 16/07

July 16, 2024 No. 2596

OBMD

OBM Drilchem Tbk.

PT OBM Drilchem Tbk. (OBMD) menyampaikan realisasi penggunaan dana hasil penawaran umum saham perdana IPO per 30 Juni 2024. Emiten produksi bahan aditif untuk mencegah kerugian dalam aktivitas pengeboran menggunakan teknologi serat ini, meraih hasil bersih IPO Rp29,90 miliar. Sebanyak Rp27,8 miliar dipakai antara lain membeli bahan baku, pengembangan sistem terpadu, dan pembelian alat-alat Lab.

Dalam keterangan tertulisnya Senin (15/7/2024), Wakil Direktur Utama OBMD, Ivan Alamsyah mengungkapkan, Perseroan memperoleh IPO efektif pada 8 Desember 2021 sebesar Rp32,76 miliar. Dikurangi biaya sebesar Rp2,85 miliar,hasil bersih IPO sebesar Rp29,90 miliar.

Masih kata Ivan Alamsyh, OBMD merealisasikan dana IPO untuk pembelian bahan baku sebesar Rp24,90 miliar dan Pengembangan sistem terpadu sebanyak Rp2,1 miliar serta pembelian alat-alat Lab sebesar Rp824,96 juta.

https://www.emitennews.com/news/obm-drilchem-obmd-gunakan-dana-ipo-rp278-miliar-beli-alat-lab

ROTI

Nippon Indosari Corpindo Tbk.

Emiten produsen roti milik grup Salim  PT Nippon Indosari Corpindo Tbk.(ROTI) menyampaikan akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). pada Selasa, 6 Agustus 2024 untuk meminta persetujan dalam melakukan pembelian kembali (buyback) saham. 

Manajemen ROTI menyampaikan akan menggelar RUPSLB di Hotel Mulia Jl. Asia- Afrika, Senayan Jakarta dengan agenda persetujuan atas rencana Pembelian Kembali Saham yang dikeluarkan oleh Perseroan sesuai dengan Peraturan OJK Nomor 29 Tahun 2023 tentang Pembelian Kembali Saham yang Dikeluarkan oleh Perusahaan Terbuka," papar Manajemen ROTI.

Sebelumnya manajemen ROTI merencanakan untuk melakukan pembelian kembali saham Perseroan (Buyback) maksimal sebesar Rp149,6 miliar. Adapun saham yang akan di buyback maksimum sebanyak 88 juta saham.

Dana untuk buyback saham akan bersumber dari internal ROTI yang berasal dari kegiatan operasional. Harga pembelian kembali dibatasi maksimum Rp1.700 per lembar dan ROTI telah menunjuk BCA Sekuritas ditunjuk sebagai perusahaan efek yang akan melakukan pembelian kembali saham serta akan digelar melalui transaksi di Bursa Efek Indonesia.

https://www.emitennews.com/news/emiten-salim-grup-roti-geber-buyback-saham-ini-tujuannya

KAEF

Kimia Farma Tbk.

Kementerian BUMN meminta rencana penutupan lima pabrik PT Kimia Farma Tbk. (KAEF), tidak mengorbankan karyawan. Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan perusahaan terpaksa mengambil langkah penutupan itu. Meski begitu, arahan dari Kementerian BUMN, perusahaan harus tetap memberikan keadilan bagi karyawan yang akan terdampak.

"Harus win-win solution bagi Kimia Farma dan karyawan. Kan perusahaan memang harus lakukan itu. Karena pabrik tutup ya harus bikin yang terbaik," kata Arya Sinulingga di Kantor Perum Perhutani, Jakarta Selatan, Senin (15/7/2024).

Penutupan lima pabrik Kimia Farma  itu terpaksa dilakukan karena memang kapasitas produksinya sangat rendah. Jika tidak efektif maka terpaksa harus ditutup.

"Ya memang kapasitasnya rendah. Jadi, under capacity. Seperti kau punya rentalan mobil, ada 10 rental mobil, terus yang laku sebenarnya cuma 5. Yang lima dibiarin nggak? Atau mau dijual, diberhentiin nggak?" urai mantan wartawan ini.

https://emitennews.com/news/kimia-farma-kaef-akan-tutup-lima-pabrik-bumn-minta-ini

BELI

Global Digital Niaga Tbk.

PT Global Digital Niaga Tbk (BELI) telah melaporkan realisasi penggunaan dana hasil penawaran umum per 30 Juni 2024 kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI). 

Laporan ini disampaikan sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 30/POJK.04/2015 tentang Laporan Realisasi Penggunaan Dana Hasil Penawaran Umum.

Dana yang diperoleh dari hasil penawaran umum sebesar Rp 7,997 triliun telah digunakan untuk berbagai keperluan sesuai dengan rencana yang telah disampaikan.

Penggunaan dana ini meliputi pengembangan bisnis, pelunasan pinjaman, dan keperluan operasional lainnya yang mendukung pertumbuhan perusahaan.

https://emitennews.com/news/bliblicom-beli-habiskan-seluruh-dana-ipo-rp79t-cek-detailnya