Daily News 27/08

August 27, 2024 No. 2625

TLKM

Telkom Indonesia (Persero) Tbk.

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) mencatat pertumbuhan keuangan yang solid sepanjang paruh pertama tahun 2024. Hingga September 2024, Telkom berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp75,3 triliun, meningkat 2,5% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

Pertumbuhan ini terutama didorong oleh segmen bisnis Data, Internet, dan IT Services, yang mencatat pendapatan sebesar Rp45,5 triliun, tumbuh 9,2% YoY.

"Telkom berhasil menunjukkan kinerja yang positif meskipun di tengah tantangan yang dihadapi, terutama dengan adanya program pensiun dini. Kami optimis, melalui transformasi dan strategi yang tepat, Telkom akan terus tumbuh dan memberikan nilai lebih bagi para pemangku kepentingan," ujar Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Telkom, Heri Supriadi, dalam Public Expose Live 2024 yang digelar secara daring, Senin (26/8).

https://www.emitennews.com/news/telkom-tlkm-beberkan-pemicu-pertumbuhan-kinerja-di-semester-i-2024

VTNY

Venteny Fortuna International Tbk.

PT Venteny Fortuna International Tbk (VTNY), perusahaan pembiayaan UMKM yang berkantor pusat di Filipina, berencana memperluas jangkauan operasionalnya dengan membuka kantor perwakilan di Indonesia Timur, untuk memanfaatkan peluang pembiayaan bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah tersebut. 

Langkah ini dilakukan seiring dengan potensi besar UMKM di Indonesia Timur yang masih belum tergarap maksimal.

Group Chief Operating Officer (COO) VTNY, Damar Raditya, menyatakan bahwa perusahaan akan semakin fokus pada pasar Indonesia. 

"Kami akan meningkatkan jangkauan dengan membuka representative office," ujarnya dalam paparan publik yang digelar secara daring, Senin (26/8).

https://www.emitennews.com/news/vtny-akan-ekspansi-ke-indonesia-timur-untuk-dukung-umkm

INCO

Vale Indonesia Tbk.

PT Vale Indonesia Tbk (INCO) melaporkan kinerja keuangan yang solid pada triwulan kedua tahun 2024 (2T24), meskipun produksi nikel dalam matte mengalami penurunan sebesar 9% dibandingkan dengan triwulan pertama (1T24). 

Penurunan ini hanya sebesar 2% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Namun, produksi pada semester pertama tahun 2024 (1H24) meningkat sebesar 3% dibandingkan dengan 1H23, memberikan optimisme bagi perusahaan untuk mencapai target produksi tahunan sebesar 70.800 metrik ton nikel dalam matte.


Pada Kuartal II-2024, PT Vale mencatat penjualan sebesar 17.505 metrik ton nikel matte dengan pendapatan USD248,8 juta, naik 8% dari triwulan sebelumnya berkat harga realisasi rata-rata nikel yang lebih tinggi. Penurunan beban pokok pendapatan, yang didukung oleh pengurangan konsumsi bahan bakar dan harga batu bara, juga turut berkontribusi terhadap kinerja perusahaan.

https://emitennews.com/news/vale-inco-beberkan-kinerja-semesteri-i-cek-detailnya

DRMA

Dharma Polimetal Tbk.

Emiten manufaktur komponen otomotif milik TP Rachmat, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) mengincar ekspansi komponen otomotif ke pasar luar negeri untuk mendongkrak kinerja Perseroan di Semester II - 2024 dan di tahun-tahun berikutnya. Langkah tersebut diambil untuk menyiasati tantangan penjualan di dalam negeri. 

Sebelumnya, berdasarkan data yang dirilis oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil secara wholesale periode JanuariJuli 2024 mencapai 484.236 unit, turun 17,5% YoY. Penjualan ritel mobil mencapai 508.050 unit, turun 12,2% dibandingkan tahun lalu.

"Melihat kondisi industri otomotif saat ini, salah satu upaya untuk mendongkrak kinerja Perseroan di semester kedua dengan mengincar pasar ekspor komponen otomotif. DRMA telah menyuplai suspension member untuk beberapa model mobil yang sudah diekspor ke berbagai negara.

https://emitennews.com/news/emiten-tp-rachmat-drma-geber-ekspor-komponen-otomotif