Daily News 18/10

October 18, 2024 No. 2668

NETV

Net Visi Media Tbk.

PT Net Visi Media Tbk. (NETV) akan melakukan penggabungan saham (reverse stock) setelah memperoleh persetujuan dari pemegang saham Perseroan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar pada tanggal 8 Oktober 2024.


Manajemen NETV dalam keterangan tertulisya Rabu (16/10) menuturkan bahwa RUPSLB menyetujui reverse stock dengan rasio 2:1 untuk saham Perseroan yang telah disetor dan ditempatkan dalam Perseroan. Dengan demikian, jumlah saham Perseroan yang sebelumnya 23.453.177.240 (Seri A) menjadi 11.726.588.620 (Seri A) dan Nilai nominal Rp100 per saham menjadi Rp200 per saham.

Investasi dan kolaborasi dengan FILM menjadi tonggak penting bagi NETV untuk memaksimalkan potensi usaha melalui penguatan struktur keuangan dan menghadirkan konten kreatif yang lebih beragam.

INI JADWAL REVERSE STOCK NET VISI MEDIA NETV | IQPLUS NEWS

GMFI

Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk.

Anak usaha Garuda Indonesia, PT Garuda Maintenance Facility AeroAsia Tbk. (GMFI) menorehkan kinerja gemilang sepanjang semester I/2024 dengan mencatatkan laba bersih US$13,30 juta atau setara Rp218,06 miliar (asumsi kurs Rp16.394/dolar AS).


Berdasarkan laporan keuangan per 30 Juni 2024, GMFI membukukan laba yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar US$13,30 juta, atau meroket 556,21% dibanding periode sama tahun sebelumnya yang mencatatkan laba US$2,02 juta. Capaian laba bersih tersebut didorong oleh kenaikan pendapatan sebesar US$216,47 juta atau sekitar Rp3,54 triliun pada semester I/2024. Angka itu naik 29,70% secara year-on-year (yoy) dibanding Juni 2023 sebesar US$166,90 juta. Secara rinci, pendapatan GMFI ditopang oleh segmen segmen reparasi dan overhaul pesawat yang berkontribusi sebesar US$167,68 juta, maintenance US$38,31 juta, dan operasi lainnya US$10,47 juta. Selain itu, laba bersih perseroan juga didapat berkat efisiensi pada beban perusahaan. 


Beban usaha yang salah satunya terdiri beban suku cadang repairable yang turun 5,75% menjadi US$26,30 juta, dibanding semester I/2023 sebesar US$27,82 juta. Kemudian, beban operasional juga berhasil dipangkas 12,03% menjadi US$9,20 juta pada semester I/2024, dibanding periode sama tahun sebelumnya US$10,46 juta.

Laba Bersih Anak Usaha Garuda Indonesia (GMFI) Terbang 556,21% jadi US$13,30 Juta (bisnis.com)

JPFA

Japfa Comfeed Indonesia Tbk.

Emiten unggas, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA) kembali mencatatkan pencapaian signifikan dengan melakukan ekspor sebanyak 460.800 butir telur tetas (hatching egg) ke Uni Emirates Arab (UEA). Ini merupakan ekspor kedua JAPFA ke UEA setelah pengiriman lebih dari 230 ribu butir pada Juli lalu.


Mengenai target ekspor, JAPFA terus berupaya untuk memenuhi permintaan pasar internasional, dengan rencana pengiriman lainnya ke Brunei dan Myanmar hingga akhir tahun ini.  Adapun, selain ekspor ke UEA, sepanjang tahun 2024 JAPFA telah berhasil melakukan ekspor telur tetas ke Myanmar dan Brunei. Pengiriman telur tetas ke Myanmar telah terealisasi di bulan Maret dan September, dan mencatatkan pengiriman sebanyak 133.961 butir telur tetas. 


Selain itu, JAPFA secara konsisten terus memasok telur tetas ke Brunei sejak Bulan Januari hingga September dengan total keseluruhan ekspor sebanyak 880.920 butir telur tetas. Meskipun dari sisi pangsa pasar unggas posisi Indonesia di dunia masih rendah, namun secara volume produksi unggas, Indonesia menduduki posisi ke-empat setelah India. Agung menjelaskan bahwa produk peternakan Indonesia telah diakui dan diterima oleh beberapa negara.

Japfa Comfeed (JPFA) Genjot Penjualan Ekspor Telur Tetas (kontan.co.id)

SMGR

Semen Indonesia (Persero) Tbk.

Kolaborasi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) ini dinyatakan oleh kedua pimpinan perusahaan, Direktur Utama SIG, Donny Arsal dan Direktur Utama BTN, Nixon L.P. Napitupulu dalam acara kunjungan kerja dan penyerahan kunci rumah di Pasaman Barat, Sumatra Barat, 11 Oktober 2024.


Sektor perbankan memiliki peranan penting dalam pembangunan rumah ramah lingkungan melalui fasilitas permodalan bagi para pengembang properti, serta fasilitas pembiayaan (Kredit Pemilikan Rumah atau KPR) yang memberikan kemudahan akses bagi masyarakat untuk memiliki rumah.


Sebagai perusahaan penyedia solusi bahan bangunan terdepan di Indonesia, SIG mendorong penggunaan semen hijau yang rendah emisi dan produk turunnya yang ramah lingkungan. Precise  interlock brick misalnya, produk turunan semen hijau yang merupakan hasil applied research dengan mekanisme kerja bata yang saling mengunci antar balok seperti sistem lego. Penggunaan precise interlock brick memberikan banyak keuntungan dibandingkan material konvensional dalam pembangunan rumah, karena lebih efisien dalam penggunaan material dan lebih mudah dalam pengaplikasian.


Durasi konstruksi pembangunan rumah menggunakan precise interlock brick juga lebih cepat daripada bata biasa karena tidak memerlukan proses perendaman bata, penyediaan kotak cetak pengecoran atau bekisting, aplikasi bahan perekat atau spesi di setiap lapis bata, serta penambahan plester dan acian. Precise interlock brick juga telah dinyatakan ramah gempa untuk wilayah dengan tingkat seismisitas tinggi (KDS D) berdasarkan Uji Siklik dinding 2D di Balai Besar Sarana dan Bangunan Gedung Dirjen Bina Teknik Permukiman dan Perumahan.

SIG (SMGR) - BTN Kolaborasi Bangun Rumah Terjangkau & Ramah Lingkungan (emitennews.com)