Daily News 14/04
April 14, 2014 No. 726
BIPI - Kinerja 2013
PT Benakat Integra (BIPI) membukukan lonjakan laba bersih menjadi US$ 55.32 Juta Vs US$ 0.93 Juta pada 2012 lalu. Naiknya kinerja didukung oleh kenaikan pendapatan sebesar 400.8%Yoy menjadi US$ 190.59 Juta tahun lalu Vs US$ 38.06 Juta pada 2012.
BSDE - Marketing sales 1Q 2014
PT Bumi Serpong Damai (BSDE) membukukan penurunan total marketing sales sebesar 32%Yoy menjadi Rp 1.76 Triliun pada 1Q 2014 Vs Rp 2.6 Triliun pada 1Q 2013 lalu akibat pencatatan penjualan lahan senilai Rp 1.71 Triliun kepada perusahaan patungan dengan Hong Kong Land dan AEON Mall. Tanpa memperhitungkan penjualan kepada perusahaan patungan, jumlah marketing sales BSDE naik 98%Yoy pada 1Q 2014 karena nilai marketing sales pada 1Q 2013 tercatat sebesar Rp 892.33 Miliar. Nilai penjualan lahan BSDE naik 306%Yoy menjadi Rp 1.14 Triliun pada 1Q 2014 Vs Rp 281.79 Miliar pada 1Q 2013 lalu dengan penjualan rumah naik 15%Yoy menjadi Rp 595.36 Miliar pada 1Q 2014. Sementara itu Pefindo kembali menegaskan peringkat utang BSDE pada idAA- dengan prospek stabil atas Obligasi Berkelanjutan I Tahap I senilai Rp 1 Triliun yang diterbitkan tahun 2012 dengan Seri A, B, dan C, serta Obligasi Berkelanjutan I Tahap II senilai Rp 1.75 Triliun yang diterbitkan tahun 2013 lalu.
LPPF - Rencana ekspansi
PT Matahari Department Store (LPPF) berencana menambah 10 gerai-15 gerai baru pada tahun ini dengan strategi membuka gerai di luar pulau Jawa. LPPF menargetkan membuka di Kalimantan dan Nusa Tenggara. Biaya yang dikeluarkan untuk membuka satu gerai adalah Rp 20 Miliar dan LPPF harus menyediakan anggaran Rp 200 Miliar-Rp 300 Miliar. Pada akhir tahun 2013, LPPF memiliki toatl 125 gerai dan LPPF juga akan merenovasi 15-20 gerai lama pada tahun ini. Sehingga total alokasi dana untuk membuka gerai dan merenovasi gerai lama seebsar Rp 450 Miliar-Rp 500 Miliar yang semuanya dana ekspansi berasal dari kas internal.
MDLN - Marketing sales
PT Modernland Realty (MDLN) membukukan marketing sales Rp 476.5 Miliar pada 1Q 2014. Sebagian besar 80% marketing sales 1Q 2014 berasal dari proyek residensial. Pencapaian marketing sales 1Q 2014 masih jauh dari target marketing sales akhir tahun yang mencapai Rp 4 Triliun dikarenakan belum adanya proyek baru yang diluncurkan sepanjang kuartal pertama tahun ini. Proyek besar MDLN, Jakarta Garden City (JGC) akan diluncurkan pada bulan ini dan bulan Agustus mendatang. Proyek perumahan JGC ditargetkan berkontribusi dari penjualan residensial mencapai Rp 1.7 Triliun dan industrial Rp 1.1 Triliun dan sisanya dari penjualan lahan.
PGAS - Rencana emisi global bond
PT Perusahaan Gas Negara (PGAS) berencana menerbitkan obligasi global sekitar US$ 1-1.3 Miliar dengan tenor 10 tahun untuk mendukung rencana ekspansi. Tahun ini PGAS mengalokasikan dana belanja modal senilai US$ 1.25 Miliar, dimana sekitar US$ 650 Juta dialokasikan untuk sektor hulu gas, US$ 400 Juta untuk pengembangan bisnis LNG, dan US$ 200 Juta untuk membangun infrastruktur gas bumi yang terintegrasi.